Permohon Perpanjangan STNK Meningkat

Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, kantor Satuan Manunggal Administrasi Satu Atap (Samsat) Kaur kebanjiran permohonan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Baik roda dua maupun roda empat. Peningkatan jumlah warga yang mengurus perpanjangan STNK sudah terjadi sejak awal puasa yang lalu.

“Sudah mulai ramai, memang warga yang datang meningkat. Peningkatannya sekitar 60 persen dibandingkan hari-hari biasanya,” kata Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat S IK didampingi Kasat Lantas Iptu Robert Marsyar, melalui Kanit Registrasi dan Identifikasi (Regident), Bripka Sigit kemarin (16/5).

Dikatakannya, pada hari-hari biasa, jumlah pemohon berkisar 10 hingga 20 orang per hari. Namun, mulai Senin lalu, jumlah pemohon menembus angka 30-40 orang. Selain melakukan perpanjangan STNK, warga juga sekaligus mengurus pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Peningkatan terjadi pada jumlah permohonan bea balik nama (BBN) kendaraan bermotor sebanyak 40 persen.

“Ini meningkat mungkin karena banyak warga juga yang membeli kendaraan baru dan juga ada yang sudah siap siap membawa motor keluar daerah kaur,” katanya.

Ditambahkannya, kenaikan permohonan perpanjangan STNK itu terjadi karena banyak warga yang hendak mudik. Warga lebih suka memilih mengurus perpanjangan STNK sebelum mudik supaya lebih aman saat di perjalanan. “Sebagian besar pengendara ingin nyaman saat mudik, makanya mereka memilih mengurus pembayaran pajak atau yang lainnya sebelum mudik,” tandasnya.(618)