Permintaan Sembako Naik 20 Persen saat Ramadan

Foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Permintaan sembilan bahan pokok (sembako) diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 10 persen hingga 20 persen pada momentum ramadan 1440 Hijriah dibanding permintaan pada hari-hari biasanya. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya konsumsi masyarakat selama bulan suci ramadan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, H Lierwan SE mengatakan, Atas kenaikan tersebut, pihaknya mengimbau produsen, khususnya produk makanan dan minuman, untuk menambah produksi. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi persediaan stok di pasar.

“Karena permintaannya naik mencapai 10-20 persen, diharapkan pelaku usaha tidak ada alasan menaikkan harga, sepanjang stok cukup,” kata Lierwan, kemarin (21/5).

Untuk memantau harga, Ia mengaku telah bekerjasama dengan Satgas Pangan dan merangkul Perum Bulog demi memantau pasokan bahan pokok di Bengkulu. Dengan pemantauan tersebut, diharapkan daerah yang mengalami surplus pasokan bisa menyalurkan barang ke daerah yang defisit pasokan, sehingga pasokan dapat terjaga ketersediaannya.

“Kami menjamin stok tersedia. Tidak usah panik. Menjelang lebaran, pemerintah bahu membahu bersama pengusaha menyediakan stok bahan pokok,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Divre Bulog Bengkulu, Defrizal menjamin, ketersediaan bahan pokok selama ramadan dan lebaran Idul Fitri 1440 H. Bahkan pihaknya telah menyediakan pasokan beras sebanyak 9.500 ton. “Untuk persediaan beras kita aman, jadi untuk ramadan dan idul fitri ini inshallah kebutuhannya masih terpenuhi,” kata Defrizal.

Selain persediaan beras aman, Bulog juga meyakinkan masyarakat jika persediaan gula pasir di gudang miliknya masih tersedia hingga Ramadan dan idul fitri tahun ini. Dimana Bulog telah menyiapkan sebanyak 282 ton gula pasir. Begitu juga dengan minyak goreng sebanyak 897 liter, tepung terigu sebanyak 8,9 ton, dan daging beku sebanyak 20 ton “Persediaannya masih aman semua, jadi tidak perlu khawatir,” tutur Defrizal.

Terakhir, ia meminta masyarakat di Provinsi untuk tetap tenang dan tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan pokok selama Ramadan dan Lebaran. Apalagi harga bahan pokok yang dijual oleh Bulog juga terbilang terjangkau dan mudah didapatkan. “Kami menjamin pasokan bahan pokok aman dan untuk menekan lonjakan harga di pasar kami juga akan melakukan Operasi Pasar murah,” tutupnya.(999)