Permintaan Sapi Meningkat

pemberian vitamin sapi bantuan
Foto : IST

Doni/BE
CEK: Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid dan Kadis Pertanian, Hernawan mengecek kondisi sapi ternak milik poktan binaan Dinas Pertanian yang dipamerkan dalam Festival Bukit dan Lembah 2018.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Sentra peternakan sapi dan kambing di dua kecamatan milik Kabupaten Kepahiang sudah mulai membuahkan hasil. Sebab, para peternak sejak beberapa tahun lalu sudah berhasil menjual sapi dan kambing mereka ke luar daerah dengan jumlah permintaan cukup tinggi.

Menurut Kadis Pertanian Kepahiang, Hernawan SPKP jika dalam setahun lebih dari 400 ekor sapi di jual ke luar Provinsi Bengkulu. Bahkan saat perayaan lebaran haji, dengan jumlah permintaan meningkat maka peternakan di Kabupaten Kepahiang sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan didalam daerah.

“Lebaran kurban kemarin saja, kita di daerah tidak bisa cari sapi ataupun kambing lokal, karena mereka jual ke luar daerah,” kata Hernawan.



Saat ini, Dinas Pertanian memiliki 8 Poktan pertenak sapi dan kambing yang selalu mendapatkan pembinaan. Bahkan, saat ini populasi total sapi Poktan binaan mencapai 2500 ekor yang dibina sejak 2005 lalu.

“Kalau total populasi ternak kita ada sekitar 3200 dari total ada 65 poktan yang beternak sapi dan kambing,” ujar Hernawan.

Untuk memberikan motivasi semangat kepada para poktan ternak sapi dan kambing, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Pertanian rutin melaksanakan kontes ternak antar poktan. Sehingga, hasil peternakan rakyat bisa dipamerkan kepada masyarakat luas guna memberikan motivasi kepada warga jika sektor peternakan bisa juga menjadi pilihan dalam menjalankan usaha. (320)