Permalukan Chelsea, Shakhtar Puncaki Grup E

Shakhtar Donetsk mempermalukan tim tamu, Chelsea dalam lanjutan Grup E Liga Champions. The Blues kalah tipis 1-2 dari tim besutan Mircea Lucescu.

Bermain di Donbass Arena, Rabu (24/10) dinihari WIB, Shakhtar unggul cepat atas Chelsea. Sepakan keras dari Alex Teixeira berhasil membobol gawang tim tamu saat laga baru berjalan tiga menit.

Chelsea mendapatkan peluang pertama empat menit kemudian. Meneruskan bola sodoran Fernando Torres, sepakan Oscar masih bisa diamankan Andriy Pyatov.

Shakhtar yang sudah unggul terlihat lebih tenang membangun serangan. Mendapatkan umpan Luiz Adriano, Fernandinho melepaskan sepakan dari luar kotak penalti di menit ke-14. Belum beruntung, sepakannya melesat diatas mistar gawang Chelsea.

Sembilan menit berselang, Fernadinho yang gantian memberikan umpan. Tapi, Willian belum mampu mengkonversinya menjadi gol sebab Cech masih sigap mengamankan bola.

Performa gemilang Cech di bawah mistar menyelamatkan Chelsea dari gol tambahan di babak pertama. Ia berhasil menghalau tendangan-tendangan pemain-pemain Shakhtar. Mkhitaryan, Fernandinho, Willian, dan Darijo Srna.

Dalam data yang dilansir Soccernet, Cech melakukan enam kali penyelamatan sepanjang babak pertama. Tidak ada lagi gol tambahan hingga turun minum, Shakhtar tetap unggul 1-0.

Babak kedua berjalan, Shakhtar memperlebar keunggulan di menit ke-52 lewat kaki Fernandinho. Memanfaatkan bola sodoran Adriano, sepakan kaki kanannya berbuah gol bagi tuan rumah. Shakhtar pun unggul 2-0 atas Chelsea.

Dua menit menjelang waktu normal habis, Chelsea mampu memperkecil ketertinggalan. Gol tim besutan Roberto Di Matteo itu dicetak oleh Oscar.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada lagi gol tambahan. Shakhtar pun menang dengan skor akhir 2-1.

Dengan tambahan tiga poin ini, Shakhtar kini memuncaki Grup E dengan kumpulan tujuh poin hasil dari tiga laga. Sementara Chelsea, kekalahan ini memaksa mereka turun satu tingkat ke posisi dua dengan torehan empat poin.(**)