Perlu Tambahan Armada

KURANGNYA tong atau kontainer sampah dan truk pengangkut sampah (Amrol) di Kabupaten Lebong membuat pengelolaan sampah menjadi salah satu masalah di Kabupaten Lebong. Hal itu karena pemanfaatan sampah oleh masyarakat Kabupaten Lebong masih kurang, untuk itu dirasa saat ini Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Kabupaten masih sangat membutuhkan penambahan armada pengangkut sampah serta kontainer sampah agar dapat mewujudkan Kabupaten Lebong menjadi Kabupaten yang bersih, indah dan terbebas dari sampah.

Plt Kepala BLHKP Kabupaten Lebong Ir M Yasin dikonfirmasi wartawan Minggu (25/11) kemarin mengatakan jika saat ini jumlah armada pengangkut sampah yang dimiliki BLHKP Kabupaten Lebong hanya berjumlah 2 unit Dum Truck dan 1 unit Amrol atau kendaraan pengangkut kontainer sampah. “Saat ini kondisi kita seperti itu dan kendaraan atau armada pengangkut sampah itu seluruhnya merupakan bantuan dari Kabupaten induk kita dulu yakni Kabupaten Rejang Lebong,” jelas Yasin.

Dikatakan Yasin, pada tahun ini, BLHKP Kabupaten Lebong mendapat bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Lingkungan Hidup sebesar Rp 420 Juta untuk penataan lingkungan di Kabupaten Lebong yang direncanakan akan dialokasikan untuk penambahan armada pengangkut sampah serta penambahan kontainer sampah. Adapun jumlah yang akan ditambahkan yakni 1 unit Amrol atau mobil pengangkut kontainer dan 3 buah kontainer sampah.

“Untuk Amrol itu anggarannya sekitar Rp 320 juta sedangkan untuk kontainer sampah sekitar Rp 100 Juta. Namun hal tersebut kita rasa masih sangat kurang untuk menjangkau sampah di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaen Lebong dan saat ini jumlah armada dan kontainer sampah baru dibeberapa kecamatan saja,” kata Yasin. (777)