Perlu Sinergitas Bangun Kota

Pengambilan sumpah/janji 35 anggota DPRD terpilih periode 2019-2024

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 35 anggota DPRD Kota Bengkulu terpilih periode 2019-2024 resmi dilantik di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Bengkulu, kemarin (21/8). Pelantikan ini dihadiri langsung Walikota Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi serta ini berjalan lancar, proses juga sekaligus melantik Suprianto sebagai Ketua DPRD kota sementara menggantikan Baidari Citra Dewi, sedangkan Marliadi ditetapkan sebagai Wakil Ketua sementara.

“Kami ucapkan selamat kepada dewan terpilih, pesan saya sinergitas eksekutif, legislatif, yudikatif penting untuk terwujudnya Kota Bengkulu religius dan bahagia, tanpa itu sulit mewujudkan program Kota Bengkulu,” kata Walikota Helmi Hasan.

Dari 35 anggota dewan yang dilantik itu 15 diantaranya merupakan wajah lama/pertahana yang terpilih kembali pada periode kedua, sedangkan 20 anggota lainnya merupakan wajah baru yang berhasil memenangkan Pemilu 2019 lalu.



 

Sementara itu, untuk unsur pimpinan terjadi pergantian jika pada periode 2014-2019 diduduki oleh Baidari Citra Dewi dari partai Nasional Demokrat (Nasdem), maka hasil Pemilu 2019 ini menetapkan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai peraih kursi terbanyak yakni 7 kursi, dan menunjuk Suprianto sebagai Ketua DPRD dengan peroleh suara terbanyak mencapai 4568 suara.

Sementara itu, untuk kursi Wakil Ketua I DPRD masih diduduki oleh Partai Gerindra yang menetapkan Marliadi mengganti Wien Zafitrah Ruslan. Sedangkan, untuk Wakil Ketua II DPRD yang sebelumnya diduduki oleh PAN maka berganti oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan menunjuk Alamsyah menggantikan Teuku Zulkarnain dari partai PAN.

Mantan ketua DPRD Kota, Baidari Citra Dewi menyampaikan agar dengan formasi unsur pimpinan yang baru dan anggota dewan lainnya tetap bisa meningkatkan sinergitas untuk membangun Kota Bengkulu 5 tahun kedepan.
Ia pun berpesan agar dengan semangat yang baru ini diharapkan dapat menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi PR pada periode sebelumnya salah satunya menyelesaikan pengesahan Raperda. “Kami berharap dengan kepemimpinan baru ini bisa melanjutkan program-program yang belum terlaksana pada zaman dewan yang lama,” sampai Baidari.

Sementara itu, Ketua DPRD kota sementara, Suprianto mengaku dalam mengemban amanah sebagai pimpinan sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak. Selain itu, ia berharap agar semua anggota dewan kompak dan bekerjasama sebaikmungkin dalam mengawal program-program pemerintah daerah sesuai dengan fungsi legislatif.

“Allhamdulillah saya bersyukur pelantikan berjalan lancar, dan program kerja kedepan tentu yang menjadi permasalahan di Kota Bengkulu saat ini akan kita prioritaskan,” ucap Suprianto.

Sementara itu mewakili Pemerintah Provinsi melalui Staf Ahli Gubernur, Hj Oslita Muslimin SH MH berharap kedepan anggota DPRD kota memiliki niat dan kesungguhan dalam mendengarkan dan menjalankan amanah masyarakat. “Bekerja menyumbangkan kemampuan terbaik bagi pembangunan di Kota Bengkulu dengan cara menampung aspirasi rakyat yang menjadi tanggungjawab yang harus diakomodir oleh setiap anggota DPRD kota,” imbuh Oslita. (805)

Anggota DPRD Kota Wajah Baru

No. Nama Parpol
1. Dedi Yanto PAN
2. Marliadi Gerindra
3. Alamsyah PKS
4. Rahmad Mulyadi Nasdem
5. Wawan PB Demokrat
6. Suprianto PAN
7. Bambang Hanura
8. Fatmawati Gerindra
9. Pudi Hartono PKS
10. Sasman Janilis PDIP
11. Herimanto PAN
12. Nuzuludin Gerindra
13. Mella Marlieta Golkar
14. Elvin Yanuar Demokrat
15. Ariyono Gumay PPP
16. Jaya Marta PKB
17. Solihin Adnan Gerindra
18. Sri Astuti PKS
19. Vinna Ledy A PKB
20. Roni L Tobing Nasdem

Anggota Dewan Wajah Lama :

No Nama Parpol
1. Mardiyanti PAN
2. Sutardi Golkar
3. Imran Hanafi Hanura
4. Bahyudin Basrah PPP
5. Teuku Zulkarnain PAN
6. Mardensi Golkar
7. Indra Sukma PAN
8. Muryadi PKS
9. Baidari Citra Dewi Nasdem
10. Iswandi Ruslan PKB
11. Kusmito Gunawan PAN
12. Yudi Darmawansyah Golkar
13. Reni Heryanti Demokrat
14. Yani Setianingsih Demokrat
15. Sudisman Hanura




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*