Perlindungan Hutan, Polda Bengkulu dan DLHK Teken MoU

Ist//Humas Polda Acara penandatanganan MoU antara Polda Bengkulu dengan Dinas LHK Provinsi Bengkulu yang berlangsung di Hotel Rafles Bengkulu, Kamis (13/9/18)
Ist//Humas Polda Acara penandatanganan MoU antara Polda Bengkulu dengan Dinas LHK Provinsi Bengkulu yang berlangsung di Hotel Rafles Bengkulu, Kamis (13/9/18)

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Polda Bengkulu dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan sosialisasi perlindungan hutan.

MoU ini sebagai upaya mencegah berbagai kerawanan yang dapat mengancam wilayah hutan Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu. Acara tersebut digelar di Hotel Rafles Bengkulu, pada Kamis pagi (13/09/18), dipimpin Wakapolda Bengkulu, Kombes Pol. Budi Widjanarko, SH., M.Hum.

Dalam amanatnya, Kapolda Bengkulu, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Drs. Coki Manurung, SH., M.Hum., yang dibacakan Wakapolda Bengkulu Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Budi Widjanarko, menjelaskan, berbagai kerawanan yang menjadi ancaman disebabkan pengalihan fungsi hutan, kebakaran hutan dan pelanggaran hukum, serta hambatan luasnya wilayah dikarenakan kawasan hutan yang banyak diapit perbatasan antara 4 provinsi seperti Jambi, Lampung, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

Ist//Humas Polda Acara penandatanganan MoU antara Polda Bengkulu dengan Dinas LHK Provinsi Bengkulu yang berlangsung di Hotel Rafles Bengkulu, Kamis (13/9/18)“Kita siap melakukan sinergi antar instansi bersama Polri dalam memberikan perlindungan terhadap keamanan hutan. Dengan melakukan deteksi dini, menegakkan hukum serta memelihara dan memulihkan kawasan hutan,” ucapnya.

Wakapolda menambahkan, kerusakan hutan dapat diantisipasi melalui sarana komunikasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat. Polri sendiri telah gencar melakukan sosialisasi melalui kehadiran Bhabinkamtibmas yang berada langsung ditengah masyarakat.

“Melalui pendekatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas, setidaknya satu bentuk kepedulian kita dan peran serta kita terhadap hutan yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” terangnya.

Kepala Dinas LHK Provinsi Bengkulu, Ir. Agus Priambudi, MSc., dalam kata sambutannya dikesempatan yang sama menyatakan, besar harapan sinergitas melalui MoU ini dapat meningkatkan pengamanan dan pemeliharaan hutan di wilayah Provinsi Bengkulu untuk kedepannya.

“Apa yang sudah dilakukan Polda Bengkulu ini sangat baik dan sangat kita dukung penuh. Semoga apa yang telah dilakukan pihak Polda Bengkulu ini bisa ditiru dan diturut oleh Instansi atau dinas lainnya,” tutupnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula seluruh perwakilan dari Polres Jajaran Polda Bengkulu. Yang terdiri dari pejabat utama (PJU) Polda, Kasat Reskrim dan Kasat Binmas serta unsur dari Dinas LHK. (Imn/rls)