Perkenalkan Peninggalan Sejarah


ASRI/Bengkulu Ekspress FOTO BERSAMA: Usai acara sosialisasi, pihak Museumfoto bersama dengan peserta, kamis (23/5) di aula SMKI 1 Bengkulu Selatan.

UPTD Museum Negeri Bengkulu Sosialisasi ke Sekolah

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Dalam rangka upaya memperkenalkan museum kepada siswa di daerah, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Negeri Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu melaksanakan sosialisasi kepada para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA dan SMK) serta SMP yang ada di Bengkulu Selatan (BS).

“Kegiatan ini merupakan program Dinas Dikbud Provinsi dalam rangka memperkenalkan lebih dekat lagi museum kepada siswa,” kata Kepala UPTD Museum Negeri Bengkulu, Nirwan Sukandi MPd saat sosialisasi di aula SMKNI Bengkulu Selatan, Kamis (23/5).

Nirwan mengatakan, kegiatan sosialisasi museum masuk sekolah sebelumnya sudah di gelar di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Lebong. Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan, para pelajar dapat lebih mengenal musem Negeri Bengkulu. Sehingga nanti dapat mengunjunginya. “Dengan kunjungan ke museum, diharapkan anak-anak tidak hanya sekedar tahu saja,namun bisa menjadi ajang rekreasi, menggali informasi dan juga menjadi bahan penelitian,” imbuhnya.

Nirwan menambahkan, di Museum Negeri Bengkulu saat ini setidaknya memiliki 6.150 koleksi mulai dari Biologikan sebanyak 46 koleksi, Etnografika sebanyak 2988 koleksi, Arkeologi sebanyak 90 koleksi, Historika sebanyak 42 koleksi, teknologika sebanyak 15 koleksi. Kemudian numismatika atau heraldika sebanyak 911 koleksi, filologi sebanyak 138 koleksi serta Kramologika sebanyak 1901 koleksi. “Apa yang ada di Museum merupakan bagian dari sejarah, petugas kami selalu siap melayani anak-anak yang mai berkunjung,” ujarnya.

Kasi Kajian Edukasi dan Publikasi,Binsar SE mengatakan,peserta sosialisasi tersebut ada 50 orang yang terjadi dari para guru sejarah di sekolah, dan juga para pelajar SMA/SMK sederajat dan perwakilan Siswa SMP di BS. Dikatakannya dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan para pelajar dapat mengetahui tentang keberadaan museum di Bengkulu.

Sebab selama ini jarang sekali pelajar dari daerah yang berkunjung ke museum Bengkulu. Padahal dengan mendatangi museum Bengkulu, anak – anak dapat mengenal dan penghajati nilai-nilai luhur budaya, mendapat informasi dan pengetahuan tentang budaya dan sejarah, bisa timbul semangat untuk selalu melestarikan nilai – nilai budaya dan sebagainya. “Semoga dengan adanya sosialisasi ini,anak-anak dapat memberitahukan tentang museum Bengkulu kepada temannya, sehingga ke depan bisa mengunjungi museum Bengkulu,” harap Binsar.

Sementara itu, perwakilan Kacabdin Dikbud Bengkulu Selatan, Mansurman SPd memberikan apresiasi kepada pihak Museum Negeri Bengkulu yang sudah memberikan sosialisasi kepada pelajar di Bengkulu Selatan tentang museum. Dirinya berharap, ke depan tidak hanya sekedar sosialisasi, akan tetapi dapat mengundang anak-anak di Bengkulu Selatan untuk mengunjungi museum. “Dengan adanya sosialisasi ini,anak-anak kami akan mengetahui museum Bengkulu, alangkah baiknya ke depan anak-anak kami ini diundang agar bisa mengunjungi museum,” ujar Mansurman. (369)