Perkenalkan Museum ke Siswa

ERICK/Bengkulu EkspressSAMPAIKAN : Kepala UPTD Museum Negeri Bengkulu, Nirwan Sukandi MPd ketika menyampaikan apa saja yang ada di Museum Negeri Bengkulu kepada siswa SMA dan SMK Lebong

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Perkenalkan museum lebih dekat dengan siswa, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Negeri Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu melaksanakan sosialisasi kepada para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA dan SMK) yang ada di Kabupaten Lebong.

Kegiatan yang mengambil tema Sosialisasi Museum Masuk Sekolah di Kabupaten Lebong dilaksanakan di SMAN 2 Lebong, kemarin (21/05). Sosialisasi sendiri diikuti oleh masing-masing perwakilan 5 SMA dan 4 SMK serta para guru Kabupaten Lebong. Sebagai Narasumbernya Kepala UPTD Museum Negeri Bengkulu, Nirwan Sukandi MPd dan Kurator Museum Suci Utami SS MSi.

Dikatakan kepala UPTD Museum Negeri Bengkulu, Nirwan Sukandi MPd, bahwa kegiatan sosialisasi merupakan salah satu program dari Dikbud Provinsi Bengkulu, untuk memperkenalkan Museum terkhusus bagi anak-anak siswa sekolah.

“Kita telah melaksanakannya di Kabupaten Mukomuko dan hari ini (kemarin) kita laksanakan di Kabupaten Lebong,” jelasnya, kemarin (21/05).

Dengan sosialisai ini, nantinya para siswa lebih mengenal masalah museum. Baik itu manfaatnya, fungsi maupun apa saja yang terdapat di museum. Selanjutnya apa yang telah mereka dapat dalam kegiatan sosialisasi ini, bisa disampaikan kepada teman-temannya.

“Selain itu kita berharap nantinya mereka bisa langsung berkunjung ke Museum setelah mereka mendapatkan ilmu melalui pelajaran sejarah,” sampainya.

Ditambahkan Nirwan, di Museum Negeri Bengkulu saat ini setidaknya memiliki 6.150 koleksi mulai dari Biologikan sebanyak 46 koleksi, Etnografika sebanyak 2988 koleksi, Arkeologi sebanyak 90 koleksi, Historika sebanyak 42 koleksi, teknologika sebanyak 15 koleksi. Kemudian numismatika atau heraldika sebanyak 911 koleksi, filologi sebanyak 138 koleksi serta Kramologika sebanyak 1901 koleksi.“Apa yang ada di Museum merupakan bagian dari sejarah, dengan mengunjungi museum nantinya akan dapat membantu daya ingat pengetahuan masalah sejarah akan lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Lebong sekaligus kepala Sekolah SMAN 2 Lebong, Iwan Saputra SPd mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak UPTD Museum Negeri Bengkulu. Karena dengan kegiatan ini nantinya dapat menumbuhkan ingatan siswa kepada sejarah. “Apalagi sejarah itu berhubungan dengan nilai-nilai nasionalisme maupun patriotisme para siswa,” singkat Nirwan Sukandi.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*