Perjalanan Xi Jinping Menuju Kursi Presiden China Mulus

Xi Jinping diumumkan sebagai Sekretaris Jendral Partai Komunis China (PKC). Pengangkatan Xi untuk menjadi Presiden China tentunya akan berlangsung dengan mulus.

Xi Jinping secara resmi telah diangkat sebagai Sekjen PKC dalam kongres yang dilakukan satu-satunya partai politik yang dimiliki China itu pada minggu ini. Pengangkatan itu dilakukan tepat setelah Presiden Hu Jintao pensiun di posisi tersebut.

Pria berusia 59 tahun itu juga meraih jabatan Ketua Komite Militer China. Jabatan itu membuatnya menjadikan Xi sebagai figur militer tertinggi di negara komunis tersebut.
Pada pemerintahannya nanti, Xi Jinping akan dibantu oleh Li Keqiang yang akan menempati posisi Perdana Menteri China. Sebentar Perdana Menteri Wen Jiabao akan menyerahkan jabatan itu ke Li. seperti diberitakan ABC, Kamis (15/11/2012).

Xi Jinping diperkirakan akan menggantikan Hu Jintao sebagai presiden China pada Maret tahun depan. Pelantikan itu juga akan dilakukan di depan Parlemen China.

Seperti diketahui, Xi Jinping adalah putra dari Xi Zhingxun, seorang pejabat China di masa kepemimpinan Mao Zedong.  Xi memulai karir politiknya di wilayah barat laut China dan sudah menoreh sejumlah prestasi. Xi Jinping terkenal sebagai seorang pejabat yang terbuka, ia sering mengkritisi para pejabat China lainnya yang dianggapnya terlalu normatif.

Sebelum meraih posisi tertinggi di China Xi Jinping sempat bertugas menjabat sebagai Gubernur Fujian pada 1999 dan Ketua PKC di Provinsi Zhejiang pada 2003. karier politiknya melesat setelah dirinya dinobatkan menjadi kepala PKC Shanghai pada 2007. Pada masa pemerintahan Hu Jintao sendiri Xi Jinping ditunjuk sebagai Wakil Presiden China.(**)