Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Unib Gelar Aksi Menuntut Hal Ini

BEM UNIBBENGKULU, bengkuluekspress.com – Memperingati momentum Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Sabtu (28/10/17) ratusan mahasiswa Universitas Bengkulu yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) unib melakukan aksi di Simpang Lima Kota Bengkulu.

Selain memperingati Sumpah Pemuda, ratusan mahasiswa yang juga tergabung dalam aliansi Garda Muda Rafflesia ini juga mengecam penahanan beberapa mahasiswa di Jakarta yang menurut mereka dikriminalisasi akibat menyuarakan aspirasi dan hak-hak rakyat.

“Kami menggelar aksi dalam momentum Sumpah Pemuda, namun lebih dari itu kami hadir untuk mendukung teman-teman kami yang saat ini dikriminalisasi di Jakarta padahal mereka menyuarakan aspirasi dan hak-hak rakyat. Maka kami hari ini melakukan aksi solidaritas untuk mendukung teman-teman kami yang saat ini suaranya dibungkam oleh Pemerintah,” ujar Zulfan Idris Soleh Harahap, Gubernur BEM KBM Unib.

Beberapa tuntutan yang disuarakan oleh ratusan mahasiswa dalam demo siang itu adalah :
1. Mengecam tindakan represif pemerintah terhadap pergerakan mahasiswa.
2. Menuntut pemerintah agar mendengar dan menerima tuntutan yang disampaikan mahasiswa.
3. Menuntut pemerintah agar membebaskan mahasiswa yang ditahan pada aksi nasional 20 Oktober 2017 di Istana Negara. (Ibe)