Peringati HUT Lantas ke-64 Polda Launching Samsat Online

RIO/BE – Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman bersama Asisten III Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto dan pejabat terkait melaunching Samsat Online Nasional Polda Bengkulu, Senin (23/9).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Polda Bengkulu memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Adem Mapolda Bengkulu, Senin (23/9). Kegiatan tersebut sekaligus melaunching Samsat Online nasional Polda Bengkulu dan sosialisasi penghapusan data kendaraan bermotor.

Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman mengatakan, inovasi pelayanan online dimaksudkan untuk mempermudah akses masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Di sisi lain, terkait dengan ketertiban berlalu lintas juga harus ditingkatkan dengan mematuhi peraturan lalu lintas sehingga tercipta keamanan, ketertiban dan keselamatan.

“Tujuannya pelayanan kepada masyarakat semakin bagus, terutama dalam bidang lalu lintas. Tidak lupa juga kita meminta masyarakat lebih mematuhi lalu lintas,” ujar Kapolda.

Aplikasi samsat online ini bisa diunduh melalui playstore pada smartphone guna memudahkan masyarakat melihat data kendaraan, jumlah denda yang harus dibayar bahkan ke depan bisa membayar pajak kendaraan secara online.

Meski demikian, aplikasi tersebut masih terus diperbaiki dan dikembangkan Korlantas agar menyasar ke seluruh Indonesia. Polda Bengkulu juga melakukan sosialisasi berlalu lintas sejak tingkat sekolah. Sebut saja polisi kecil, patroli keamanan sekolah (PKS).

Secara tidak langsung jika disosialisasikan sejak dini, tidak hanya keluarga yang mendapatkan dampak positif tetapi juga lingkungan. “Bukan hanya samsat online saja, tadi ada juga pembayararan denda gratis. Tujuan dibuat inovasi tersebut untuk memudahkan masyarakat,” pungkas Kapolda.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu, Kombes Pol Dedi Ramhman Dayan SIK mengatakan, kontribusi Satuan Lalu Lintas Polda Bengkulu dan Polres jajaran selama ini sudah sangat baik.



Beberapa anggota Dit Lantas Polda Bengkulu pernah BKO untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas pada Asian Game, pengaturan arus lalu lintas saat pemilu, lebaran sampai Tabot yang terbaru event GTTG.

Dir Lantas berharap, seluruh anggota Satuan Lantas Polda Bengkulu dan Polres jajaran bisa meningkatkan kinerja dan inovasi terkait peraturan berlalu lintas kepada masyarakat. “Capaian yang telah diraih tidak membuat kita cepat berpuas diri. Sebaliknya justru menjadi pemacu semangat dan kinerja seluruh personel lalu lintas Polri,” pungkas Dir Lantas.

Kegiatan yang dihadiri dari Jasa Raharja, Pemprov Bengkulu dan sejumlah tamu undangan tersebut diisi dengan tarian dari tradisional dari Papua dan tarian dengan alunan musik Dol, serta atraksi dari polisi kecil. (167)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*