Peringati Hari Ibu, Edwar Samsi Berbagi Kue

Edwar Samsi saat memberikan kue kepada salah seorang ibu pedagang di Pasar Pagi Kepahiang kemarinKEPAHIANG, BE – Moment peringatan hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember dilakukan oleh Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Edwar Samsi SIp MM dengan membagikan kue kepada warga. Seperti yang dilakukan kepada salah seorang pasien RSUD Kepahiang dan juga salah seorang pedagang di Pasar Pagi Kepahiang yang semuanya merupakan ibu-ibu. Hal ini dilakukan Edwar sapaan akrab politisi asal PDI Perjuangan ini lantaran kecintaanya kepada sang ibu yang sudah lama meninggalkan dirinya.

“Kita sengaja memberi kado yang spesial berupa kue bagi para ibu-ibu ini, karena tanpa perjuangan seorang ibu kita semua tidak akan seperti sekarang ini. Sehingga pergibanan beliau patut kita maknai dan syukuri bersama,” ujar Edwar.

Dikatakannya, pemberian kue kepada salah seorang pasien di RSUD Kepahiang yang mengidap penyakit jantung dan harus dirawat intensif di Rumah Sakit lantaran pasien tersebut hanya hidup sebatang kara bersama dengan anaknya. Kondisi keuangan ibu tersebut juga terbilang tidak mampu karena sudah sering sakit-sakitan. “Kita juga mengkritik prosedur di rumah sakita karena awalnya pasien atas nama Ibu Robingah ini akan dirawat di RSUD Curup, tapi RSUD Curup menolak dengan alasan tidak ada kerjasama untuk pengobatan warga miskin asal Kabupaten Kepahiang. Akhirnya kami memutuskan untuk dirawat di RSUD Kepahiang saja,” kata Edwar.

Menurutnya, Ibu Robingah hanya hidup dengan anak perempuannya saja yang bekerja di salah satu perusahaan di Curup yang memiliki gaji pas-pasan. “Anaknya seorang lagi dan suaminya sudah meninggal. Saya pun telah langsung menguruskan surat keterangan tidak mampu ke kelurahan setempat agar Ibu Robingah dapat berobat, saya juga membantu biaya anaknya yang menemani di RSUD,” imbuh Edwar.

Edwar mengungkapkan bahwa bertepatan dengan Hari Ibu Nasional, bantuannya tersebut merupakan bagian dari rasa dan kecintaannya kepada ibu. “Jasa seorang ibu kepada anaknya itu tidak terbalas. Pada hari ini (kemarin) adalah momen dimana kita harus menunjukkan kecintaan pada kaum ibu. Namun, tidak untuk tangal 22 Desember saja, setiap hari kecintaan dengan ibu harus terus dipupuk dan kewajiban seorang anaklah untuk dapat berbakti,” terang Edwar.

Sementara itu, Direktur RSUD Kepahiang dr Hendrapala Wahid pada kesempatan yang sama menyambut baik itikad baik dari Edwar yang berkenan membantu ibu Robingah yang merupakan pasien di RSUD yang dipimpinya ini. Menurutnya pihaknya juga akan maksimal dalam memberikan perawatan kepada sang ibu ini. “Kami akan berusaha merawat ibu Robingah sebaik mungkin dan kita berdoa ia agar segera lekas sembuh,” ungkap Hendra.

Adapun peringatan hari ibu yang dilakukan Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Edwar Samsi SIP MM ini terbilang unik karena selain memberikan santunan dan biaya berobat bagi salah seorang pasien asal Kelurahan Durian Depun, Robingah (50) di RSUD Kepahiang, Edwar juga memberikan bingkisan kue kepada salah seorang ibu yang merupakan pedagang kaki lima di Pasar Pagi Kepahiang.

“Jika kebanyakan orang hanya pesta, melakukan lomba memasak atau lainnya yang tidak menyentuh rakyat dalam peringatan hari ibu ini, maka dalam peringatan hari ibu ini kita secara bersama-sama turun langsung melihat rakyat kecil terutama kalangan ibu yang masih bekerja susah payah demi sesuap nasi. Dan ini harusnya dilakukan juga oleh para pejabat di Kepahaing ini,” tandas Edwar.(505/krn)