Peringati Hari Air Sedunia

Peringati Hari Air SeduniaKANOPI Bengkulu Bentuk Aliansi Peduli Air

Bengkulu, Bengkulu Ekspress. com – Dalam kontek perayaan Hari Air Sedunia (World Water Day), yang ditetapakan sejak 22 Maret 1993 oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Bertempat di Jalan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS), Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singgaran Pati, Kota Bengkulu, Kamis (22/3/18), aktivis lingkungan KANOPI memperingati hari air sedunia.

Dengan mengadakan deklarasi, serta penyampaian kepada publik mengenai berbagi riset terkait dengan pencemaran sungai di Bengkulu. Sekaligus membentuk APA (Aliansi Peduli Air). Kegiatan itu dihadiri para civitas akademika, serta organisasi yang terlibat dalam KANOPI.

“Kita memperingati hari air sedunia, kita juga membentuk APA (Aliansi Peduli Air). Sebenarnya kita bukan memperingati, tetapi kita prihatin melihat kondisi air di Sungai Bengkulu yang kian tercemar,” tutur Soprian Ardianto, Koordinator Lapangan KANOPI kepada BE, Kamis (22/3/18), usai kegiatan deklarasi.

Lebih lanjut Soprian mengatakan, air merupakan sumber kehidupan manusia, maka itu, penggunaan air harus digunakan secara bijaksana dan harus dijaga.

“Hadirnya perusahaan tambang di DAS (Disekitar Aliran Sungai) membuat banyaknya pencemaran air di Sungai Bengkulu,” ujarnya.

Dengan latar belakang tersebut, Aliansi Peduli air (APA) yang terbentuk diharapkan menjalankan fungsinya dengan semestinya. Adapun fungsi APA, yakni menjaga dan menyelamatkan air di provinsi Bengkulu, menyadarkan masyrakat agar bijaksana menggunakan air dan memulihkan lingkungan hidup, serta terakhir menuntut setiap orang, perusahaan ataupun instansi terkait yang terindikasi merusak air yang merupakan sumber kehidupan.

Yayasan kanopi didirikan pada 11 Oktober 1999. Dilatar belakangi keprihatinan atas kondisi pengelolaan sumber daya alam yang berdampak kepada buruknya kualitas lingkungan. Dalam perkembangannya organisasi ini bekerja pada sektor issue perbaikan lingkungan dengan cara mendorong komunitas dan pihak lainnya, terutama pemerintah untuk tegas dalam memberlakukan peraturan yang berhubungan dengan keselamatan manusia. (HBN)

Yayasan Kanopi Bengkulu beralamat
di Jalan Sedap Malam II No. 17 Kelurahan Nusa Indah
Kecamatan Ratu Samban kode pos 38222.