Periksa Kualitas Daging, Petugas Dispangtan Temukan Cacing Hati

FOTO IST/ Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu menurunkan tim untuk memeriksa atau menguji langsung daging yang dijual pedagang, Selasa (11/5) di PTM.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H di Kota Bengkulu aktivitas masyarakat di pusat keramaian khususnya pasar terus meningkat. Tak terkecuali pedagang atau penjual daging. Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu menurunkan tim untuk memeriksa atau menguji langsung daging yang dijual pedagang, Selasa (11/5), untuk memastikan mutu dan kualitas daging yang dijual para pedagang .

Hasilnya, dari salah satu lapak pedagang di Pasar Tradisional Modern Pasar Minggu, tim menemukan ada daging yang sudah tak layak dikonsumsi karena mengandung cacing hati. Daging itu lalu diambil petugas untuk dimusnahkan.

‚ÄúSetiap hari memang kita periksa. Tapi karena menjelang lebaran banyak pemotongan hewan ternak maka kita bentuk tim untuk memastikan daging yang dijual sehat dan halal,” kata Kabid Pertanian dan Kesehatan Hewan Hauliantua Pohan.

Sementara itu salah seorang pedagang daging mengatakan aktivitas menjual daging dia lakukan setiap hari. Namun sejak kemarin lapak dagangnya dia pindahkan dari bagian dalam PTM ke pinggir jalan. Menurut dia, jumlah daging yang bisa terjual dalam sehari bisa mencapai 150 kg. Namun jika dibanding tahun lalu tingkat penjualan tahun ini menurun.

“Kalau harga normal. Sama dengan awal puasa kemarin. Belum ada kenaikan harga. Dagingnya juga dari peternak lokal kita sendiri,” jelas Edo, salah seorang penjual daging. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*