Perguruan Tinggi di Bengkulu Liburkan Perkuliahan 

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Sejumlah Perguruan Tinggi besar di Provinsi Bengkulu, mulai meliburkan perkuliahan tatap muka untuk mencegah wabah novel coronavirus atau covid-19. Diantaranya Universitas Bengkulu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Universiras Muhammadiyah Bengkulu dan Universitas Prof. Hazairin, meliburkan perkuliahan di dalam kelas, dan menggantinya dengan kuliah daring (dalam jaringan) atau kuliah online.

“Iya sementara waktu perkuliahan di kampus diliburkan di dalam ruang kelas,” ungkap Rektor Universitas Prof. Hazairin Dr Ir Yulfiperius MSi, saat dihubungi via Whatshap, Senin (16/3).

Dijelaskan Yulfi, meski pertemuan di ruang kelas diliburkan perkuliahan tetap dilakukan secara online. Libur tatap muka di kampus dilakukan dari 18 Maret hingga 17 April mendatang.

Sebelumnya, Rektor Universitas Bengkulu juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor : 4722/ UN30/ HK/ 20 tentang memperhatikan perkembangan terakhir tentang wabah Covid 19. Maka Unib perlu melakukan langkah langkah sunlcgis yang siginifikan. Langkah-lnngkah signifikan tersebut dimaksudkan sebagai bagian tindakan global (Glabal Action) dalam rangka pencegahan dan penanganan penularan wabah covid- 19. (HBN)

Berdasarkan penimbangan ini pimpinan UNIB memutuskan untuk mengambil kebijakan sebagni berikut:

1. Membentuk “Gugus Tugas’ Pencegahan dan Penanganan Penularan Wabah Covid l9.

2 Menghentikan, menunda, atau meniadakan kegiatan dosen, dosen,karyawan, mahasiswa yang melibatkan kerumunan orang banyak (apapun bentuknya) hingga tanggal 31 Maret 2020.

3. Meniadakan Prom Belajar Mengajar (PBM) dan Ujian Tangah Semester (UTS) yang bensifat tatap muka dan menggantikannya dengan pembelajaran dan ujian secara Daring.

4. Bimbingan Laporan Tugas Akhir. Skripsi, Tesis dan Disemsi tetap dilakukan secara online.

5.Menunda kegiatan seminar dan konferensi dan atau rapat-rapat yang melibatkan orang banyak.

6. Meniadakan upacara pelepasan/perayaan Yudisium periode April 2020 selingkung Universitas Bengkulu.

7. Menunda upacara Wisuda yang sedianya akan dilaksanakan tanggal 15 April 2020 ke periode Wisuda berikutnya. Mahasiswa tetap diberikan Ijazah dan Transkrip sesuai haknya.

8. Pembatalan Rapat Ken’s Pimpinan tentang Anggaran Tahun 2021 yang akan dilaksankan tanggal 18 21 Maret 2020 di Curup.

9. Menindakan Acara Dies Natalis ke 38, (masuk Agenda Orasi Ilmiah.

10.Melakukan karantina selama 14 hari kepada dosen, karyawan dan mahasiswa yang baru saja kembali dari daerah yang mengalami kejadian luar biasa Covid 19.

11. Menghimbau seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa untuk tidak meninggalkan kom Bengkulu sampai tanggal 31 Maret 2020 dan memantau kebijakan lanjutan pimpinan melalui media online Univelsiuss Bengkulu

12 Selama proses pencegahan wabah Covid-19. presensi dosen dan karyawan dilakukan senam manual berlaku mulai tanggal 16 sampai dengan 31 Maret 2020.