Peresmian PLTD Atasi Masalah Listrik di Enggano

rohidin mersyahBENGKULU, bengkuluekspress.com – Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang memiliki kapasitas 1 Mega Watt (MW) di Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara akan diresmikan besok, Selasa (24/10/2017). Dengan peresmian itu nantinya, kekurangan pasokan listrik yang selama ini menjadi permasalahan utama bagi masyarakat Enggano dinilai selesai.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, selama ini di Pulau Enggano cuma ada pembangkit listrik tenaga surya.

“Sayangnya tenaga tersebut penggunaannya, termasuk jam beroperasinya juga terbatas. Dalam artian belum sepenuhnya bisa mengakomodir kebutuhan listrik bagi masyarakat,” ungkap Rohidin.

Dengan dibangunnnya PLTD berkapasitas 1 MW yang bakal diresmikan, dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

“Kita meyakini kapasitas itu cukup untuk memenuhi kebutuhan listik se-Kecamatan Enggano, bahkan bisa saja berlebih. Karena di Enggano itukan penduduknya berkisar antara 3.500 hingga 4.000 jiwa, jadi 1 MW itu berlebih,” katanya.

Menurutnya, dengan terpenuhinya kebutuhan listrik di Enggano itu nantinya berdampak positif bagi pengembangan industri pengolahan, seperti komoditi pisang yang sejauh ini salah satu andalan masyarakat disana.

“Begitu juga dengan komoditi-komoditi lainnya. Nah, pengembangan itu sudah bisa dilakukan pada saat PLTD ini beroperasi,” harapnya.

Dengan adanya PLTD, tambah Rohidin, tentu saja satu persoalan di Enggano selesai. Seiring dengan itu, Rohidin juga ingin ingin melihat dan memantau bagaimana pembangunan bandara. Diharapkannya, jika listrik sudah bagus, bandara dan pelabuhan Malakoni bisa berfungsi secara baik. Tak hanya itu, mantan wakil bupati Bengkulu Selatan ini juga ingin meninjau budidaya pisang yang diproduksi masyarakat disana dan pengolahannya serta meninjau pembangunan pasar desa. (Dil)