Percontohan Budidaya Ikan

– Kadis Perikanan Bengkulu Selatan, Novianto S Sos MSi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dinas Perikanan Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya mengembangka usaha perikanan di Bengkulu Selatan. Tahun ini ada program percontohan usaha budidaya perikanan. “Tahun ini kami ada 18 paket percontohan budidaya perikanan,” kata kepala Dinas perikanan Bengkulu Selatan, Novianto S Sos MSi melalui Kabid Perikanan Budidaya, Nopi Supriadi.

Nopi mengatakan, percontohan usaha perikanan tersebut yakni usaha budidaya ikan yakni budidaya ikan nila, gurame, ikan hias, patin, lele dan ikan nila. Program ini disebar dibeberapa kecamatan di Bengkulu Selatan. “ Program percontohan budidaya perikanan di berada di 6 Kecamatan,” uiarnya.

Adapun sasaran program percontohan budidaya perikanan yakni Air Nipis, Kedurang, Seginim, Bunga Mas, dan Pino Raya. Percontohan budidaya ikan nila sebanyak 3 paket di Kecamatan Seginim, Pino Raya dan kedurang, Percontohan ikan gurame sebanyak 2 paket di Kecamatan Pino Raya dan Kedurang. Percontohan Ikan patin sebanyak 3 paket di Kecamatan Pino Raya dan kedurang, percontohan ikan nila 4 paket di Bunga Mas Seginim dan Air Nipis serta 2 paket percontohan budidaya ikan lele sebanyak 2 paket di Kecamatan Kedurang dan Kedurang Ilir.

“ Dengan adanya program ini,diharapkan ke depan usaha budidaya perikanan di Bengkulu Selatan semakin berkembang dan petani semakin sejahtera,” imbuhnya.

Nopi menjelaskan, pada program ini,para petani akan dibantu benih dan juga pakan. Selain itu juga dilakukan pembinaan. Sehingga diharapkan para petani dapat bertambah pemahamannya dalam usaha budidaya perikanan. Dengan begitu, selain produksi ikan bisa meningkat, kualitasnya juga semakin bagus. “ Harapan kami semua petani perikanan di Bengkulu Selatan semakin maju,” harap Nopi. (369)