Percepatan Pembangunan Fisik DAK

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Tahun 2021 ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko
mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) sekolah sekitar Rp 18 miliar. Yakni DAK untuk Sekolah Dasar (SD) sekitar 9,949 miliar, DAK Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekitar Rp 8,451 miliar.
“Untuk kegiatan fisik kita percepat. Untuk percepatan khusus lelang kegiatan, bulan ini pihaknya akan langsung melakukan survei lokasi sekolah yang akan mendapatkan kucuran DAK. Jika survei lokasi rampung, maka kita akan segera melaksanakan perencanaan kegiatan sebelum lelang kegiatan fisiknya dilakukan. Target kami, Februari sudah bisa dilakukan lelang,” kata Kepala Disdikbud Mukomuko, Drs H Ruslan MPd melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Jumanto SE.

Adapun jenis kegiatan fisik yang bakal dilaksanakan dengan menggunakan DAK, kata Jumanto, lebih banyak untuk kegiatan rehap ruang kelas baru (RKB). Diantaranya untuk kegiatan rehap sebanyak 12 sekolah tingkat SMP, dan sebanyak 13 sekolah tingkat SD. Hanya saja, proses kegiatan rehabilitasi RKB tidak lagi dengan sistem swakelola,
melainkan sistem kontraktual.
“Tahun 2020 lalu, pekerjaannya swakelola sekolah. Untuk tahun 2021 ini, pekerjaannya dikontrakkan kepada pihak perusahaan pemenang lelang,” jelasnya.
Perubahan sistem swakelola ke kontraktual, tambah Jumanto, supaya sekolah tidak lagi sibuk mengurusi pekerjaan fisik sekolah. Sehingga sekolah konsentrasi untuk peningkatan kualitas pendidikan.
“Tahapan yang sedang dilakukan ini dapat berjalan lancar, sehingga seluruh kegiatan yang bersumber DAK dapat dikerjakan dengan baik dan selesai hingga fasilitas pendidikan di sejumlah sekolah tersebut dapat di manfaatkan sebagaimana mestinya,” harapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*