Perbup Tak Terbit, Warga Ancam Gelar Pilkades PAW

Warga Ancam Gelar Pilkades PAW Kota Manna
KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Warga Desa Selali, Pino Raya mengancam akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) pergantian antar waktu (PAW) di desanya tanpa harus menunggu terbitnya peraturan bupati (Perbup) pilkades PAW desa tersebut. Pasalnya Pelaksana tugas (Plt) Kades sudah lama menjabat dan desa-desa lain yang sebelumnya kades dijabat Plt sudah menggelar pilkades PAW.

“Jika satu minggu kedepan belum juga terbit perbup tentang pilkades PAW, maka kami akan menggelar pilkades PAW tanpa ada perbup tersebut,” ancam Ketua Badan perwakilan Desa (BPD) Desa Selali, Novianto yang diamini anggotanya dan panitia pilkades PAW saat ditemui di kantor Bupati Bengkulu Selatan, Jum’at (7/7).
Menurut Novianto, sebelumnya pihaknya sudah mendatangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), namun oleh pihak DPMD mengatakan saat ini belum ada waktu untuk pembahasan perbup tersebut.
Bahkan kemarin juga warga mendatangi DPRD Bengkulu Selatan, namun anggota DPRD Bengkulu Selatan sedang tidak ada di ruang kerjanya. Sehingga warga berharap agar Pilkades segera digelar dan desanya segera memiliki kades definitif, meskipun kades PAW. “Kades kami dijabat Plt sudah lama, sehingga warga berharap segera digelar pilkades agar memiliki kades definitif,” ujar Novianto.
Ditambahkan Novianto, jika Pemda BS mengulur-ulur waktu pelaksanaan Pilkades PAW sejak gagal digelar awal Mei 2017 lalu lantaran ada calon kades yang protes, maka masa kerja kades PAW nanti akan semakin singkat, sedangkan masa jabatan Plt akan semakin panjang. Untuk itu, pihaknya mengingatkan DPMD segera menerbitkan perbup agar pilkades segera digelar.

“kami sangat berharap, DMPD segera menerbitkan Perbup dan kami segera bisa menggelar pilkades dalam waktu cepat,” harap Novianto. (369)