Perbanyak Kontainer Sampah

Foto: Rio/ Bengkulu Ekspress
RIO/Bengkulu Ekspress. BERSIH PANTAI: Ratusan ASN Pemprov Bengkulu membersihkan sampah di kawasan Pantai Panjang dan Pantai Berkas dalam kegiatan gotong royong kebersihan pantai yang dipimpin oleh Sekda Provinsi Bengkulu Novian Andusti, Jumat (27/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Untuk mengatasi melonjaknya sampah-sampah di kawasan wisata Pantai Panjang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan memasang kontainer sampah.

Kontainer sampah yang bisa diangkut menggunakan mobil akan diperbanyak jumlahnya. Sehingga para pedagang dan wisatawan tidak membuang sampah sembarangan hingga membuat objek wisata dipenuhi sampah seperti saat ini.

“Nanti kita akan perbanyak jumlahnya. Jadi setiap titik pembuangan sampah itu ada kontainer sampah. Ketika penuh, bisa diangkut dengan mobil untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti kepada Bengkulu Ekspress, usai menggelar bersih pantai bersama para pejabat Pemkot Bengkulu, kemarin (27/7/2018).

Dijelaskannya, sampah-sampah yang berserakan itu terjadi bukan hanya dibuang saja, tapi karena ada penimbunan sampah yang dilakukan oleh pedagang. Sehingga ketika diterjang badai, seperti beberapa hari lalu, membuat sampah-sampah itu keluar dan berserakan di wilayah Pantai Panjang.

“Bak sampah itu nanti kita kerjsama dengan Pemda Kota,” tambahnya.

Tidak hanya itu, untuk memastikan tidak ada yang buang sampah sembarangan, Pemprov Bengkulu bersama Pemkot, akan membangun Pos Satpol PP di wilayah Pantai Panjang. Petugas Satpol PP akan memantau kawasan pantai. Disamping itu, petugas Sapol PP ini juga akan membantu ketika ada wisatawan membutuhkan bantuan.

“Pos Satpol ini mudah-mudahan 2019 sudah ada,” ujar Nopian.

Kegiatan bersih pantai ini tidak hanya sekali saja dilakukan. Namun menurut Nopian, akan dilakukan rutin bersama Pemda Kota Bengkulu. Sebab, moment ini juga menjadi moment penting untuk mempererat kebersamaan.

“Kita jadikan moment membangun kebersamaan antar pejabat. Karena dilakukan bersama, apapun bisa dikerjakan,” tambahnya.

Selain kerjasama dengan Pemda kota Bengkulu, Pemprov Bengkulu juga akan berkerjasama dengan Pemda lain di kabupaten. Kegiatanya sama, bisa dengan bersih objek wisata, maupun kegiatan bersama lainnya.

“Nanti kita kembangkan dengan kabupaten lain. Seperi Kaur, Lebong atau yang lainnya. Ini juga meningkatkan kebersamaan antar ASN,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Kota Bengkulu, Marjon mengatakan, pola pedagang dan masyarakat pantai memang harus diubah. Jangan lagi menimbun sampai di pasir pantai. Untuk itu Pemda kota juga akan menyiapkan bak-bak sampah di kawasan pantai.

“Allah telah tunjukkan, kebiasaan mengubur sampai itu tidak bagus. Ahirnya sampah-sampah itu jadi berserakan,” terang Marjon.

Langkah Pemprov untuk mengajak bersama pemda kabupaten/kota bersama-sama bersihkan objek wisata itu sangat bagus. Pihaknya akan ikut serta ke kabupaten lain, sekaligus mengeksplor objek wisata yang ada di Bengkulu.

“Kunjungan-kunjungan ini harus terus digencarkan. Kedepan kita juga akan buat pengajian eksekutif, karena dengan agama semua akan menjadi baik,” pungkasnya. (151)