Perbaiki Jalan di Tanjung Harapan

JALAN Kondisi jalan Tanjung Harapan butuh perbaikanSEMIDANG GUMAY,BE- Masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Semidang Gumay  Kabupaten Kaur merindukan perbaikan jalan untuk mendukung perekonomian warga sehari-hari. Pasalnya, jalan tersebut telantar tak tersentuh perbaikan sejak 2008 lalu. “Kondisi jalan di desa kami saat ini sudah banyak hancur, dan juga kalau dilalui motor harus  hati-hati,” ujar Iwan (34) masyarakat sekitar kemarin.
Iwan mengatakan, akses Jalan Tanjung Harapan  menghubungkan beberapa desa sekitar sepanjang 5 Km rusak berat. Jalan  melewati tiga desa tersebut juga merupakan jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan Kecamatan Semidang Gumay.  Padahal, jalan tersebut  menuju satu satunya jalan menuju perkebunan warga sekitar. “Kerusakan diperparah dengan kendaraan berat yang sering melintas setiap hari,” ujarnya.
Menurut dia, kondisi jalan yang rusak sangat merugikan masyarakat. Kendati jarak dari Desa Tanjung Harapan  hanya sekitar 12 km, tetapi waktu tempuhnya bisa 1 jam.  “Kendaraan juga cepat rusak. Saat kemarau berdebu. Kalau datang musim hujan juga berbahaya. Licin,” tuturnya.
Hal senada juga diungkapkan Junatul (42) warga setempat mengatakan, jalan tersebut memang harus diperbaiki agar roda perekonomian warga lancar. Pembangunan infrastuktur pun menunjang peningkatan indeks pembangunan manusia di Kecamatan Semidang Gumay.
“Kalau jalan bagus kan, perdagangan warga lancar. Arus barang pertanian warga pun bisa lebih cepat,” ujarnya.
Oleh sebab itu, kata Junatul, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga agar ada perbaikan. Dia menyebutkan bahwa perbaikan kemungkinan dimulai tahun depan.
“Semuanya sudah diajukan untuk diperbaiki. Mudah-mudahan tahun 2015 terlaksana. Sehingga perekonomian masyarakat sekitar lancar,” harapnya.(618)