Perbaiki Irigasi Jebol di Kemumu, Bupati Bengkulu Utara Anggarkan BTT


APRIZAL/BE
Beginilah irigasi jebol akibat debit air tinggi mengakibatkan pada hari Senin (23/3)lalu irgasi tersebut jebol.

ARMA JAYA,bengkuluekspress.com – Akibat debit air tinggi irigasi diareal persawahan Kumumu di Kecanatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara (BU) pada hari Senin (23/3) lalu jebol. Sehingga 7 ribu hektare lahan persawahan diereal tersebut mengalami kekeringan. Sebagai bentuk cepat tanggap kepedulian pemerintah Kabupaten BU dalam hal ini Bupati BU Ir H Mian langaung turun kelokasi menemui para perwakilan kelompok tani untuk memberikan soluai terkait bencana tersebut.
Usai melakukan pertemuan tersebut, Bupati Mian mengatakan, bahwa dirinya telah menginstruksikan 3 OPD terkait yakni Dinas PUPR, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) serta BPBD. Melalui dana Biaya Tak Terduga (BTT) untuk menanggulangi permaslahan tersebut. Hal ini sebagai bentuk cepat tanggap pihak Pemkab BU.
“Ya, sebagai bentuk cepat tanggap kita selaku pemerintah saya telah menginstruksikan kepada 3 OPD untuk melakukan upaya memperbaiki irigasi tersebut dengan anggaran BTT kita,”kata Bupati.

Mian menambahkan, memang hal ini merupakan tanggung jawab pihak pemerintah Provinsi Bengkulu, akan tetapi bila tidak dilakukan upaya perbaikan secepatnya akan berdampak buruk kepada para petani yang ada, dimana saat ini sudah memasuki musim tanam. Maka dari itu dengan anggaran BTT diharapkan perbaikan irigasi ini cepat dilaksanakan.
“Kita lakukan dengan anggaran BTT yang akan dikerjakan secara swakelola, saya tergaskan bahwa besok Kamis (25/3) pekerjaan ini akan dimulai,” ungkapnya.

Bupati berharap, kendati pengerjaan dilakukakan secara swakelola, namun pekerjaan ini harus secapat mungkin untuk diselesaikan. Sehingga kekeringan yang melanda di areal persawahan tidak terlalu lama.
“Kita harapkan pengerjaan dapat diselesaika secepatnya agar kekeringan tidak terlalu lama, agar tanaman padi yang ada tidak mengalami gagal panen,”tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*