Perbaiki 500 Titik Lampu Jalan

lampu jalan (1)
MEDI/Bengkulu EkspressĀ 
Perbaikan lampu jalan di Kota Bengkulu menjadi skala prioritas awal kepemimpinan Helmi-Dedy.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kota Bengkulu segera mulai memprioritaskan perbaikan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang hampir sebagian besar mengalami kerusakan atau mati. Dari pendataan yang ada, total LPJU di Kota Bengkulu mencapai 11 ribu unit, sedangkan yang mati mencapai 8.656 titik lampu.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota, Drs Riduan MSi mengatakan, Pemkot melalui Dinas Perhubungan (Dishub) segera melakukan perbaikan secara berkala. Dan pada tahap awal akan diperbaiki sekitar 500 titik terlebih dahulu dengan anggaran Rp 750 juta.

“Kita anggarkan di APBD perubahan 2018 ini sesuai kemampuan keuangan kita saja, untuk pertama kita perbaiki sekitar 300-500 titik lampu jalan,” kata Riduan, kemarin (24/8).

Dijelaskannya, lampu jalan ini akan menjadi skala prioritas yang menjadi salah satu target 100 hari kerja Walikota dan Wakil Walikota Helmi-Dedy pasca pelantikan mendatang. Bahkan di tahun anggaran 2019 mendatang, sebagian besar lampu jalan di Kota Bengkulu akan diganti dengan jenis lampu LED.



“Dari simpang Padang Kemiling sampai Simpang Skip masih menggunakan bola lampu lama merek OSRAM, jadi nanti kita lakukan pengadaan baru khusus sepanjang kawasan itu,” jelasnya.

Pengadaan bola lampu baru ini, disesuaikan dengan kondisi listrik di Kota Bengkulu yang sering terjadi spaning akibat arus listrik yang lemah/tidak stabil, sehingga ketika listrik mati mendadak maka sangat mempengaruhi lampu tersebut yang juga ikut mati.
“Padahal bola lampu itu bukan putus, tapi karena daya spaning rendah jadi lampunya mati. Maka kita ganti dengan kualitas yang lebih sesuai dengan daya listrik yang ada. Dan lampu lama itu masih kita manfaatkan untuk menerangi dibeberapa pemukiman warga,” paparnya.

Ditambahkan, Kepala Dishub Kota, Drs Bardin sebelumnya pihaknya sudah mengusulkan anggaran lampu jalan dan lampu hias dalam APBD kota 2018 sebesar Rp 10 miliar namun karena minimnya anggaran maka belum bisa diakomodir keseluruhan.

Untuk diketahui, terakhir pengadaan lampu jalan ini dilakukan pada tahun 2017 lalu dengan anggaran sekitar Rp 7,5 miliar untuk memasang 678 titik lampu jalan di Kota Bengkulu. Saat ini jumlah lampu jalan tersebut dinilai masih kurang dan masih ada beberapa sudut kota yang gelap.

“Kalau untuk menerangi Kota Bengkulu menjadi 100 persen terang, setidaknya dibutuhkan ribuan lampu, untuk dipasang disetiap sudut jalan dan gang-gang. Makanya perlu pengadaan baru,” ungkap Bardin. (805)