Perbaikan Pasar Tahun Depan

Kondisi auning roboh Pasar Baru Koto 2

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota telah memutuskan akan memperbaiki 15 auning tempat jualan ikan di Pasar Barukoto II Kelurahan Malabero yang roboh dengan menggunakan anggaran APBD 2015. Pengalokasian ini seiring dengan upaya pemerintah untuk memperbaiki pasar-pasar tradisional lainnya.
Kepala Bagian Humas Sekretariat Pemerintah Kota, Dr H Salahuddin Yahya MSi, mengenai hal ini menyampaikan, sebenarnya pemerintah telah berupaya untuk memperbaiki seluruh pasar tradisional. Anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan ini disiapkan sebesar Rp 200 juta.
“Sejak awal kita memang telah berupaya mengantisipasi kalau ada pasar yang rusak. Kita sudah memutuskan akan mulai memperbaiki semuanya pada tahun 2015. Karenanya perbaikan di Pasar Barukoto itu disekaliguskan,” ungkap Salahuddin, kemarin.
Ia menjelaskan, dinas tekhnis Pemerintah Kota telah diturunkan untuk menghitung seluruh kebutuhan anggaran perbaikan di Pasar Barukoto. Anggaran yang dialokasikan tersebut bukan hanya pembangunan kembali auning yang roboh, namun juga termasuk dengan biaya pengecatan dan pembangunan sejumlah fasilitas lainnya.
“Dinas PU telah menghitung semua kebutuhan anggarannya. Perbaikannya sendiri akan diserahkan kepada pihak ketiga yang kita percaya. Tapi perlu ditekankan, ini perbaikan menyeluruh,” ungkapnya.
Untuk perbaikan sementara, Salahuddin melanjutkan, pemerintah telah memutuskan akan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin. Namun sayangnya, Salahuddin belum mengetahui persis kapan perbaikan sementara itu akan dilaksanakan.
Terpisah, para pedagang ikan yang menempati auning-auning roboh tersebut meminta agar proses perbaikan dapat dilaksanakan sesegera mungkin. Pasalnya, para pedagang menggantung hidup nafkah mereka dari dagangan ikan yang mereka jalankan di auning roboh tersebut.
“Tentu saja kami tidak nyaman berjualan di auning yang rusak. Ada yang tidak lagi bisa jualan sehingga jadi pengangguran akhirnya nggak punya penghasilan. Kasihan keluarga dan anak-anak kami,” kata Hambali (45) warga Jl Arau RT 7 RW 3 Kelurahan Sumur Meleleh. (009)