Perbaikan Jalan Zainul Arifin Dimulai, Pengalihan Arus Diberlakukan

 

PU

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Sebagaimana diketahui, ruas jalan Zainul Arifin Kota Bengkulu beberapa bulan terkahir memang mengalami rusak parah hingga setiap kali hujan banyak lubang yang membentuk genangan hingga menyerupai kolam. Di hari pertama perbaikan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, Syafriandi Jumat (01/06/18) turun langsung memantau perbaikan jalan yang dilakukan diruas jalan tersebut.

Syafriandi pun mengakui perbaikan jalan ini mengalami sedikit keterlambatan, dimana seharusnya perbaikan ini dilakukan sejak bulan Maret 2018 lalu. Namun karena harus melalui proses tender, perbaikan jalan ini baru dapat dimulai saat ini. Meski demikian, ia menuturkan pihaknya akan mengoptimalkan pengerjaan perbaikan jalan ini sebelum Idul Fitri 1439 H yang akan tiba beberapa minggu lagi.

“Sebelum lebaran, kita akan usahakan badan jalan sudah tertata rapi walaupun belum selesai di hot mix. Kemudian untuk kiri kanan jalan, selokan dan trotoar nanti setelah lebaran akan kita lanjutkan,” ujarnya.

 

pu

Syafriandi juga menuturkan untuk perbaikan jalan sepanjang 1.650 meter itu telah disiapkan anggaran dana sebesar Rp. 11,5 Milyar. Ia juga membenarkan akan adanya optimalisasi badan jalan sepanjang jalan Zainul Arifin. Untuk itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan masyarakat sekitar, dimana optimalisasi ini akan memperluas jalan seluas 3 meter di kiri dan kanan.

“Kita mohon bantuan dari masyarakat karena tanpa dukungan penuh dari masyarakat kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik. Kita sendiri sebenarnya sudah melakukan sosialisasi, dan Alhamdulillah masyarakat memberikan dukungan, tinggal lagi nanti pengerjaannya dilapangan. Ya step by step lah,” tutur Syafriandi.

Selain itu, Syafriandi menuturkan pihaknya juga telah bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk melakukan pengalihan arus selama pengerjaan perbaikan jalan ini. Kanit Patroli Polres Bengkulu, Wiyanto pun membernarkan hal ini. Wiyanto menuturkan, pengalihan arus dilakukan di Simpang 4 Kompi, dimana masyarakat yang akan melewati jalan Zainul Arifin Bengkulu akan diarahkan melalui jalan Panorama Bengkulu selama perbaikan jalan ini.

“Dikarenakan ada perbaikan jalan, masyarakat yang dari simpang 4 kompi kami arahkan lurus menuju jalan Panorama. Kami mohon maaf kepada masyarakat, namun ini demi kenyamanan kita bersama. Pengalihan arus ini akan dilakukan selama perbaikan jalan kurang lebih 2 minggu ini,” ujar Wiyanto. (ibe)