Perbaikan IPA Talang Boseng Sebelum Lebaran

Foto : Dir PDAM Benteng, Siti Yuningsih AZ SE MH

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Rafflesia Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini sedang melakukan perbaikan terhadap kerusakan instalasi pengolahan air (IPA) di Desa Talang Boseng, Kecamatan Pondok Kelapa. Sebab, kerusakan pipa sejak sebulan lalu telah membuat layanan air bersih terhenti total.

Dampaknya, 800 sambunga rumah (SR) atau pelanggan tak bisa menikmati layanan air PDAM seperti dahulu. “Perbaikan IPA masih kami lakukan. Kami targetkan, IPA kembali pulih dan bisa beroperasi sebelum lebaran Idul Fitri 2019,” kata Direktur PDAM Tirta Rafflesia Kabupaten Benteng, Siti Yuningsih AZ SE MH didampingi Kabag Teknik, Karnedi, kemarin (27/5).

Lebih lanjut, Siti mengungkapkan, perbaikan tak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, IPA tersebut mengalami kerusakan akibat tertimbun lumpur saat aliran sungai di Desa Talang Boseng meluap akhir April 2019 lalu. Bahkan, pipa intake yang berada pada tengah sungai juga tak lagi bisa dimanfaatkan.

“Solusi yang bisa dilakukan adalah memindahkan pipa menuju sumber air. Sebab, aliran sungai telah mengalami perubahan akibat bencana alam. Inilah yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tak sedikit,” kata Siti.

Mengingat banyaknya pelanggan yang bergantung pada IPA Talang Boseng, Karnedi mengungkapkan, manageman PDAM tak bisa berbuat banyak. Untuk menenangkan warga, pihaknya telah menerbitkan surat edaran (SE) mengenai gangguan pelayanan.

Terkhusus pelanggan rumah, Siti mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan pelayanan darurat berupa pendistribusian air bersih dikarenakan armada terbatas. Pendistribusian air bersih hanya akan disalurkan untuk keperluan jemaah masjid

“SE sudah kami sampaikan langsung ke masing-masing kepala desa (Kades). Kami harap, masyarakat bisa bersabar. Khusus untuk masjid, kami menunggu permintaan Kades,” imbuhnya.(135)