Perayaan Natal di BS Diimbau Digelar Sederhana


ASRI/BE
BERIKAN: Anggota Polsek Pino Raya saat mendatangi Pendeta Sutadji STh di Desa Napal Melintang Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) saat menyampaikan himbauan dan panduan perayaan Natal di masa Pandemi, Sabtu (19/12).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com– Mengingat perayaan natal tahun 2020 ditengah pandemi Covid-19, Maka Kapolres Bengkulu Selatan (BS), AKBP Deddy Nata SIK mengimbau seluruh umat kristen di BS agar merayakan natal secara sederhana dan tidak berlebihan.
” Sesuai dengan surat edaran menteri agama nomor 23 tahun 2020 tentang panduan kegiatan ibadah dan perayaan natal dimasa pandemi covid-19, perayaan natal dilaksanakan secara sederhana dan tidak berlebihan,” katanya.

Dikatakan Deddy, selain itu juga disiarkan secara online atau daring dan jumlah umat dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas. Untuk mematuhi SE menteri agama tersebut,maka kepada pengurus rumah ibadah diharapkan dapat menyiapkan petugas untuk mengawasi prokes, melakukan disinfeksi berkala pada area rumah ibadah, menyediakan fasilitas cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh juga mengatur jumlah umat dan membatasi pintu keluar masuk.
” Juga mempersingkat waktu ibadah tanpa mengurangi penghayatan ibadah,” ujarnya.

Kemudian kepada umat, sambung Deddy diharapkan agar menggunakan masker mulai dari rumah, mencuci tangan sebelum masuk rumah ibadah, tidak bersalaman atau berpelukan, juga tidak berdiam lama atau berkumpul.
” Kepada anak-anak dan umat lanjut usia agar mengikuti ibadah secara daring atau online,” beber Deddy.

Dijelaskan Deddy adanya aturan perayaan natal ditengah pandemi covid-19 ini sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19. Sehingga dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat ini, diharapkan ke depan tidak ada umat yang terpapar covid-19 usai mengikuti ibadah natal tahun 2020.
” Mari kita patuhi SE menteri agama ini, agar setelah natal nanti tidak ada umat kristen di BS yang tertular covid-19,” harap Deddy. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*