Perayaan Hari Raya Galungan di Bengkulu Utara Terapkan Protokol Kesehatan

APRIZAL/BE
Pura Dharma Yatra Desa Rama Agung menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Hari Raya Galungan, Rabu (16/9).

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Meski masih dalam pandemi covid 19, masyarakat umat Hindu di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tetap melaksanaan perayaan Hari Raya Galungan dengan menerapkan penuh protokol kesehatan. Seperti yang dilakukan oleh ratusan umat hindu di Pura Dharma Yatra, Rabu pagi (16/9) di Desa Rama Agung Kecamatan Arga Makmur Kabupaten BU.
Ketua Banjar Adat Dharma Santi Rama Agung, Gde Rumania menjelaskan, sehari sebelum pelaksanana hari raya galungan pihaknya telah menyemprotkan cairan disinfektan di banjar. Selain itu pihak banjar juga memenyediakan tempat cuci tangan, mengecek suhu tubuh, menjaga jarak duduk saat persembahyangan dan mewajibkan setiap umat yang hendak melakukan persembahyangan untuk menggunakan masker.
“Ya, berbeda dengan pelaksanaan hari raya sebelumnya, untuk pelaksanaan hari raya kali ini kita menerapkan protokol kesehatan,” kata Gde Rumania.

Gde Rumania menambahkan, selain agar tidak terjadinya penumpukan massa pada perayaan hari raya galungan ini. Dimana lokasi persembahyangan pun dibagi menjadi 2 lokasi, yakni di Pura Dharma Yatra Desa Rama Agung dan Pura Dalem desa Rama Agung.
“Perayaan hari raya ini juga kita bagi 2 lokasi, ada di Pura Dharma Yatra dan ada di Pura Dalem, agar tidak ada terjadi penumpukan masa,” ungkapnya.

Gde pun berharap, wabah covid 19 dapat segera berakhir, agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Serta dengan perayaan hari raya ini sebagai bentuk peningkatan sarada bhakti kepada tuhan yakni memperbaiki hubungan antara manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam.
“Semoga wabah covid 19 segera berakhir,” tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*