Perangkat Desa Bingung

DD
foto: ist

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang totalnya mencapai Rp 256 miliar di Tahun Anggaran (TA) 2019, perlu disikapi secara masif oleh daerah. Khususnya dalam mendorong kuantitas pengucuran anggaran yang terbagi dalam 3 tahap itu.

Salah satu perangkat Desa Arga Makmur, Suparijo menyampaikan perlunya langkah-langkah masif itu secara konkret. Khususnya untuk desa-desa yang mengalami kendala, baik Sumber Daya Manusia (SDM) atau permasalahan administratif yang menghambat proses penyusunan instrumen kerja di daerah.



“Jangan biarkan desa bingung sendiri,” pintanya, kemarin.

Suparijo menambahakan, hal ini dinilai perlu disampaikan karena seperti menjadi permasalahan laten, realisasi dana desa di daerah acap dipengaruhi oleh lambannya penyampaian ajuan pencairan dari desa ke daerah. Dalam situasi semacam ini, perlu ada langkah-langka masif dan konkret, agar desa tidak hanya diburu dengan target pencairan semata. “Ini sangat penting. Selain akan berpengaruh dari sisi tingkat penyerapan anggaran juga berimplikasi dengan kualitas realisasi anggaran itu sendiri,” pungkasnya.(127)