Peraih Medali OSN Diberi Reward

2
2. Siswa peraih medali dan peserta OSN dari Bengkulu berfoto bersama.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu, Idiarman MPd, menyatakan bakal memberikan reward kepada anak didiknya, Arya Krisna Fatahilah. Siswa yang telah berhasil meraih medali perak pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Padang Sumatera Barat, 1-6 Juli 2018. Idiarman merasa bangga dengan prestasi siswanya tersebut. Terlebuh medali itu prestasi perdana kali diperoleh SMPN 1 dan juga Provinsi Bengkulu.

“Seperti biasa, siswa berprestasi dan telah mengharumkan nama Bengkulu, kita beri reward, ” kata Idiarman saat diwawancarai Bengkulu Ekspress.

Lebih lanjut dikatakan Idiarman, perolehan medali merak di ajang OSN awal yang sangat baik bagi pendidikan di Bengkulu. Meski tahun ini SMPN 1 mengirimkan tiga peserta, hanya satu siswa yang mendapat medali perak.  “Ini prestasi luar biasa. Juara pertama di OSN bagi Bengkulu. Selama ini kita belum pernah dapat. Tahun ini prestasi kita dibawah SMPN 115 Jakarta,” ucapnya.

Idiarman berharap, kedepan prestasi ini dapat ditingkatkan lagi. Kalau sekarang bidang ilmu pengetahuan sosial (IPS), kedepan upayakan bisa mendapat OSN mata pelajaran matematika, dan ilmu pengetahuan alam (IPA).  ‘Hal yang perlu dipersiapkan meningkatkan trik pembelajaran pada siswa dan memperbanyak referensi buku, sehingga kita bisa setara dengan provinsi yang lebih maju.  “Ada buku khusus soal-soal olimpiade, pembelajaran juga harus intens,” ucapnya.

Pelatih OSN selain dari tingkat sekolah, kata Idiarman, juga bisa melibatkan tim pemandu OSN dari semua lini, bisa juga melibatkan perguruan tinggi.  Seperti diketahui dua pelajar Bengkulu, berhasil menorehkan prestasi gemilang diajang OSN di Sumatera Barat, pada 1-6 Juli 2018. Kedua siswa yang berhasil meraih medali perak itu, Faqih Athaillah Bahri dari SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu dan Arya Krisna Fatahilah dari SMPN 1 Kota Bengkulu.

Juara umum OSN tahun ini diraih DKI Jakarta. Dengan perolehan 19 medali emas, 24 medali perak dan 29 medali perunggu. Juara II diraih Jawa Timur dengan 13 medali emas,18 medali perak dan 26 medali Perunggu.Juara III diraih provinsi Banten dengan 11 medali emas, 14 medali perak dan 11 perunggu.

Provinsi Bengkulu sendiri menduduki posisi 17 dibawah Sulawesi Selatan dan diatas Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.  OSN ke-17 itu diikuti 1.433 siswa terbaik perwakilan provinsi jenjang SD, SMP, dan SMA. Dengan 11 mata pelajaran yang dilombakan. Yaitu matematika, IPA, IPS, informatika/komputer, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi dan ekonomi. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*