Perahu Politik Belum Pasti, Kandidat Cagub Belum Berani Deklarasi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pengamat Politik Bengkulu Heri Suprianto menilai kandidat bakal calon Gubernur (Bacalongub) Bengkulu masih saling tunggu untuk mendeklarasikan dirinya. Saat ini Ia menilai saat ini kandidat bacagub masih sibuk mencari perahu politik untuk ditungganginya pada Pilkada 2020 mendatang.

“Persoalannya ada masing masing mmm kandidat ini belum bisa mengukur dirinya. Kenapa, karena masing-masing kandidat masih menunggu pasangannya,” ungkap Heri saat berada di DPRD Provinsi Bengkulu kepada Bengkuluekspress.com, Jumat (20/12).

Dilanjutkan Dosen Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu itu, yang menjadi penghambat untuk kandidat calon beluk berani mendeklarasikan dirinya yakni pasangannya itu nanti juga ditentukan oleh rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) parpol.

“Sebenarnya kalau memang serius kandidat calon walaupun belum ada rekomendasi semestinya sudah mulai bekerja secara politik. Karena incumbent/petahana itu sudah curi start duluan, gitu loh. Kandidat lain sibuk mencela mengatakan duluan kampanye, dia cuma kunjungan kerja tidak masalah mumpung belum diatur KPU,” ujar Heri.

Pria yang akrab disapa Babe oleh mahasiswanya itu mengatakan, semestinya jika memang para kandidat calon ini memang serius untuk maju, harus berani mendeklarasikan dirinya, jangan sibuk mencari perahu saja.

“Semestinya kandidat membuat peta politik dan juga sudah mulai menyiapkan diri dengan. Kalau tidak keliru sebagai pengamat, bakal ada 4 pasangan Cagub dan Cawagub. Dari keempat paslon itu, satu pasangan yang akan maju lewat jalur independen,” tutupnya.(HBN)