Perahu Nelayan Dihantam Ombak

IST/Bengkulu Ekspress
EVAKUASI: Nalayan Pasar Bawah saat mengevakuasi perahu nelayan setempat yang karam akbat dihantam ombak, Sabtu (19/1) sore.

PASAR MANNA, Bengkulu Ekspress– Kecelakaan perahu nelayan kembali terjadi di pantai pasar bawah. Kali ini dialami tiga nelayan pantai pasar bawah. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun semua ikan hasil tangkapan mereka hilang.

Rizal (37), salah satu nelayan pasar bawah menuturkan, perahu nelayan yang karam dihantam ombak tersebut milik Yana (41), Dedi (39) dan Sudar (31), ke-3 nya nelayan pasar bawah. Kejadian tersebut, Sabtu (19/1) sekitar pukul 17.25 WIb di pantai pasar bawah tidak jauh dari muara sungai Air Manna. Akibatnya semua tangkapan ikan mereka beserta jaring untuk menangkap ikan hilang, sedangkan mesin perahu rusak. Beruntung ke-3 nelayan tersebut selamat, sebab kejadian sudah dekat dengan bibir pantai. Namun perahu yang mereka gunakan rusak.



Rizal menuturkan, sebelumya, Sabtu (19/1) pagi, ke-3 nelayan tersebut pergi melaut. Lalu sorenya mereka pulang. Akan tetapi belum sempat mereka masuk muara sungai untuk mendaratkan perahunya. Tiba-tiba ombak besar datang, mereka tidak mampu lagi menghindarkan perahunya dari hantaman ombak tersebut. Akibatnya perahu mereka terbalik. “ Alhamdulillah ke-3 rekan kai selamat, namu ikan hasil tangkapan mereka hilang,” ujarnya.

Rizal menambahkan, perahu nelayan yang karam dihantam ombak sudah sering terjadi di pantai pasar bawah ini. Dirinya sangat berharap ada pembangunan pelabuhan nelayan. Sehingga ke depan tidak ada lagi nelayan korban keganasan ombak saat hendak mendarat. Terlebih lagi ada informasi tahun ini Pemda Bengkulu Selatan akan membangun sabuk pantai.

“ Semoga ke depan pemda Bengkulu Selatan dapat membangun pelabuhan nelayan, agar tidak ada lagi nelayan di pantai pasar bawah ini menjadi korban keganasan ombak, sebab bukan sekali ini saja perahu karam di hantam ombak, namun sudah sering,” beber Rizal. (369)