Perahu Karam, Nelayan Tenggelam

Jefryy/Bengkulu Ekspress-(Baju Hitam)Kakek korban tenggelam melakukan pencarian dan Wabup Seluma ikut memberikan support kepada keluarga korban

SELUMA SELATAN, Bengkulu Ekspress – Nasib naas dialami seorang nelayan dari Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan, yakni Okta Wandika (25). Okta tenggelam di muara Pantai Pasar Seluma, pada Selasa (25/6), sekitar pukul 07.00 WIB dan hingga sore kemarin (24/6) korban tidak kunjung ditemukan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Basarnas sudah tiba di lokasi sejak siangnya untuk membantu pencarian korban.

Menurut Saksi Mata Herpan (53) yang juga selaku kakek korban, korban dan rekannya berangkat melaut kemaren sore (24/6). Berangkat dari Tabat Cumik Pasar Seluma. Hanya saja, sesaat mau mendarat dan melewati pintu alur muara sungai pukul 07.00 WIB. Kapal yang digunakan untuk dihantam ombak sehingga korban terjatuh.”Kalau berangkat Senin sore (24/6), dan saat mereka mau mendarat kapal dihantam ombak di depan muara sehingga korban tenggelam,” ucap Herpan, Selasa (25/06).

Dijelaskan, disaat korban terjatuh rekan korban yang melihat peristiwa tersebut, berusaha membantu korban, namun karena besarnya ombak korban tidak dapat tertolong dan langsung tenggelam dibawa arus ombak yang deras. Bersamaan pula dengan air tengah pasang naik.

“Kita sempat lihat dari pinggir sini. Rekannya sempat membantu, namun karena ombak laut yang besar, serta dirinya juga harus mengendalikan mesin, sehingga korban tidak dapat ditolong,” ucap Kakek Korban.

Kapolres Seluma Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Nyoman Mertha Dana SIK didampingi Kabag Ops AKP Chushul Qomar dan Kapolsek Seluma Iptu J Naibaho membenarkan kejadian tersebut. Setelah menerima laporan. Anggota Polsek Seluma juga langsung diterjunkan ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk membantu proses evakuasi.

Jefryy/Bengkulu Ekspress-(Baju Hitam)Kakek korban tenggelam melakukan pencarian dan Wabup Seluma ikut memberikan support kepada keluarga korban

“Saat ini (kemarin siang) anggota sudah di lapangan bersama saya untuk membantu proses pencarian korban. Serta melakukan identifikasi,” tegasnya.

Dari data yang diperoleh korban bersama dengan saksi berangkat dari Desa Pasar Seluma pada Senin sore (24/6) sekitar pukul 16.15 WIB. dan hingga kemarin sore (25/6) korban korban belum juga ditemukan. Pencarian terus dilakukan bersama dengan BPBD Seluma, Basarnas dengan mengitari pinggiran pantai dan muara Sungai Pasar Seluma.

Mengetahui ada warganya yang tenggelam di laut, Wabup Seluma Drs Suparto MSi kemarin siang (25/6), menyempatkan diri datang langsung ke lokasi kejadian. Wabup meminta BPBD mengerahkan semua personelnya, serta menurunkan semua peralatan yang dimiliki. Termasuk meminta bantuan dari Basarnas serta instansi lainnya, seperti TNI AL dan Polres Seluma.”BPBD sudah diperintahkan untuk turun kemudian juga meminta bantuan dari Basarnas dan aparat lainnya. Untuk membantu pencarian korban. Serta agar korban segera ditemukan,” tegas Wabup Seluma.

Selain itu, masyarakat Desa Pasar Seluma serta dari desa tetangga hingga sore juga masih berkumpul di lokasi Muara Pantai Pasar Seluma. Untuk membantu dan melihat proses pencarian korban. (333)