Peracik Kopi Dilatih


BERIKAN: Sekretaris Daerah Zamzami  Kepahiang, Zubir SE MM saat memberikan pengarahan kepada para peserta pelatihan meracik dan mengolah kopi.
BERIKAN: Sekretaris Daerah Zamzami Kepahiang, Zubir SE MM saat memberikan pengarahan kepada para peserta pelatihan meracik dan mengolah kopi.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepahiang melatih sekitar 20 orang barista atau peracik minuman serta pemilik warung kopi. Agar dapat meningkatkan kratifitas dalam mengelola kopi untuk dapat dipasarkan baik secara lokal maupun nasional.

Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kepahiang, Yurnalis SE mengatakan, para barista dan pemilik warung kopi akan dilatih selama 4 hari. Terhitung sejak Selasa (27/3) untuk dapat mengupgrade kemampuan dalam meracik dan mengemas produk kopi sehingga bisa memiliki penampilan menarik dan nilai jual tinggi.

“Ada sekitar 20 orang barista dan pemilik warung kopi yang kita lagi. Agar mereka dapat lebih baik lagi dalam penyajian produknya hingga memiliki nilai tinggi,” kata Yurnalis.

Menurutnya, program tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan festival buah dan sayuran dibulan September 2018 yang akan digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang guna menyonsong mensukseskan program Bengkulu Wonderfull 2020.

“Ya, nantinya mereka para barista dan pemilik warung kopi ini bisa diprioritaskan dalam penempatan lapak atau tempat dikawasan objek wisata yang akan dibangun nantinya,” kata Yurnalis.

Heri Supandi, seorang owner cafe mengatakan, dengan bahan dasar olahan kopi yang hadir dalam pelatihan menyambut baik program kerja pemerintah. Dengan melaksanakan pelatihan agar dapat menigkatkan skill serta kemampuan warga dalam mengolah dan meracik kopi.

“Namun saya harapkan jangan hanya pemilik, tetapi latih pemuda-pemuda agar memiliki kemampuan dalam meracik dan mengolah kopi asali Kepahiang. Agar Kepahiang memiliki kualitas kopi terbaik untuk dapat dipasarkan secara luas,” tuturnya. (320)