Penyuluh Dampingi Poktan

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Kelompok Tani (Poktan) penerimah bantuan bibit dari Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang mendapatkan pendampingan dari penyuluh pertanian. Tujuan agar program penanaman bawang bisa berhasil dan mendapatkan hasil lebih banyak jika tekni penanaman dan perawatan dilakukan secara benar.

“Ya ada Poktan yang sudah terpilih mendapatkan pembekalan mengenai teknik penanaman hingga perawatan agar nantinya hasilnya maksimal,” ungkap Kadis Pertanian Hernawan SPKP.

Sebelumnya, pengadaan 28 ton bibit bawang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang dilakukan untuk peningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat terutama kalangan petani. Dengan asumsi perhektanya bisa menghasilkan panen 1,6 ton dengan bibit kisaran 550 kilogram diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat petani. “Selain, proses penyaluran kepada poktan, untuk teknis penanaman dan perawatan hingga panen juga menjadi prioritas kita,” sebutnya.

Dinas Pertanian sudah menyalurkan 28 ton bibit bawang putih dan bawang merah. Luas lahan untuk bawang merah kurang lebih seluas 50 hektar, sementara bawang putih 25 hektar. “Target kita tahun depan Swasembada bisa tercapai agar dapat menggejot perekonomian masyarakat terutama petani bawang,” ungkapnya.

Menurutnya program budidaya bawang ada diseluruh kecamatan dengan posisi penyebaran merata. Dengan pola tanam perhektarnya dibutuhkan 550 kilogram bibit. Program ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat petani menjadi petani bawang. “Masyarakat juga memiliki alternatif lain dalam bercocok tanam, salah satunya bawang,” ucapnya.

Bibit bawang merah dan putih yang disalurkan Dinas Pertanian Kepahiang bersumber dari dana ABPN yang didapatkan daerah. “Dana APBN, untuk jumlah bantuan bibit perkelompok kita sesuaikan dengan proposal ajuan mereka, ” tutup Hernawan. (320)