Penyuluh Agama Bengkulu Juara Nasional


Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS teladan tingkat nasional, Heri Putra Efendi foto bersama Kakanwil Kemenag Bengkulu, Bustasar dan jajaran serta Sekda Kota, kemarin (22/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS perwakilan Provinsi Bengkulu, Heri Putra Efendi, S.Sos.I berhasil menorehkan prestasi gemilang. Ia keluar sebagai PAI teladan terbaik I tingkat nasional.

Heri berhasil menyingkirkan 60 peserta perwakilan terbaik dari 34 provinsi di Indonesia dalam Pemilihan Peyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional ke-IX yang diadakan Kementerian Agama RI melalui Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam, di Jakarta.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs H Bustasar MS MPd saat dikonfirmasi mengucap rasa atas prestasi yang diraih Heri Putra Efendi tersebut karena bisa mengharumkan nama Provinsi Bengkulu dikancah nasional.

“Alhamdulillah penyuluh non PNS mengukir prestasi tingkat nasional, putra terbaik Bengkulu dan mengharumkan nama Bumi Rafflesia di Jakarta,” ujarnya saat dihubungi via telepon, kemarin (22/8).

Dibeberkan Bustasar, masuknya Provinsi Bengkulu dalam ajang ini di luar dugaan, pasalnya para peserta yang dihadirkan dari 34 provinsi merupakan kandidat terbaik dan memiliki kompetensi yang luar biasa, bahkan kandidat dari Jawa timur, Jawa Tengah, DKI jakarta, Sumatera Barat yang hampir selalu masuk dalam kategori terbaik setiap tahunnya. Namun kali ini mampu dilibas perwakilan dari Bengkulu.

“Bengkulu tidak pernah diperhitungan masuk kategori terbaik, alhamdulillah orang dusun pun bisa jadi juara,” cetusnya.
Ia sangat mengapresiasi kerja keras Bidang Penais Zawa dan Kasi Penyuluhan Kanwil Kemenag Bengkulu, berkat budaya yang dibangun dengan santun dan saling hormat membuahkan hasil yang luar biasa.

Untuk bisa menjadi yang terbaik, Heri harus melalui tiga tahapan seleksi dan menggambarkan kegiatannya selama melakukan penyuluhan.

Ia mengangkat presentasi tekait penyuluhan psikologi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Bengkulu. Inilah yang mencuri hati tim juri tingkat nasional hingga dinobatkan menjadi terbaik I kategori penyuluh non PNS di kancah nasional.

Terkait hal itu, Kanwil Kemenag pun berencana merealisasikan hasil presentasi tersebut dengan mengandeng Kanwil Kumham Provini Bengkulu dan Lembaga Pemasyarakat.



“Sebagai bentuk apresiasi, Kanwil Kemenag akan membuat MoU dengan Kanwil Kumham untuk membuat pembinaan pesantren di Lembaga Pemasyarakatan, agar para napi akan mendapatkan siraman keagamaan lebih baik lagi,” tandasnya. Sementara itu, Heri Putra Efendi saat dihubungi mengaku sangat bahagia atas prestasi yang diraihnya.

Ia pun tak pernah menyangka bisa menjadi yang terbaik. Namun, ia melakukan kegiatan yang positif dalam pengembangan potensi penyuluh agama terus berkarya dan berinovasi demi kemaslahatan umat.

“Alhamdullilah, bahagia sekali, kegiatan ini sangat positif dalam pengembangan potensi penyuluh agama terus berkarya dan berinovasi untuk kemaslahatan ummat. Menjadi ajang kompetisi yang membangun, ajang sharing pengalaman yang luar biasa, perekat ukhuwah dan bangsa,” tandasnya (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*