Penyu Langka Mendarat di Pantai Ipuh

MENDARAT: Penyu belimbing yang mendarat di pantai Ipuh saat ditemukan komunitas di kecamatan setempat.
MENDARAT: Penyu belimbing yang mendarat di pantai Ipuh saat ditemukan komunitas di kecamatan setempat.

IPUH,Bengkulu Ekspress – Jenis penyu Belimbing yang di ketahui cukup langka, kemarin (10/1) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB mendarat di Pantai Ipuh Kabupaten Mukomuko, tepatnya di Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh. Penyu tersebut ditemukan oleh Komunitas Pecinta Alam Batu Kumbang Putih (KPABKI) Ipuh.

“Penyu Belimbing ditemukan KPABKI ketika melakukan patroli dinihari, kemarin (10/1). Penyu tersebut bertelur,” ungkap Pembina KPABKI Kecamatan Ipuh, Ramli kepada Bengkulu Ekspress.

Mendaratnya penyu jenis Belimbing tersebut yang ketiga kalinya sepanjang awal Januari tahun 2018 ini. Kali pertamanya pula penyu yang berukuran cukup besar. Yakni dengan panjang 230 cm, lebar badan 140 cm dan panjang sayap tangan depan 110 cm. Setelah penyu tersebut mengeluarkan telur sekitar 35 butir, penyu itu kembali di lepaskan ke pantai. Ia juga menyampaikan, komunitas yang telah di jalani sejak beberapa tahun terakhir, secara swadaya membuat penangkaran penyu. Ini salah satu kepedulian masyarakat agar keberadaan penyu tetap ada dan tidak punah. “Penangkaran penyu ini dibuat secara swadaya dan kerja sosial. Tidak lain tetap menjaga kelestarian penyu dan tempat penangkaran di awasi oleh komunitas yang ada. Telur yang dijaga dengan baik hingga nantinya menjadi tukik dan di lepas di laut. Seperti yang telah dilakukan tahun lalu. Sekitar 500 tukik di lepas yang dibawa langsung ke Kota Bengkulu dan di lepas bersama Plt Gubernur Bengkulu di pantai Bengkulu,” demikian Ramli. (900)