Penyertaan Modal ke BB Nihil

Foto: IST

TAIS, bengkuluekspress.com  – Penyertaan modal ke Bank Bengkulu (BB) tahun 2020 dipastikan tidak ada atau nihil. Pasalnya, Perda tentang penyertaan modal tersebut sudah habis masa waktunya selama lima tahun.

“Harus ada terlebih dahulu kajian investasi. Nah, itu melakukan kajian investasi serta anggarannya belum tersedia,” tegas Kepala BPKD Seluma, Marah Halim SP MP MSi MAk kepada wartawan.

Dijelaskannya, penyertaan modal ke BB harus ada kajian investasi dari akademisi universitas. Jika tidak ada kajian investasi, maka tidak bisa dianggarkan. Setelah kajian investasi selesai, kata dia, barulah dibuatkan regulasi serta tahapan pembahasan Raperda untuk dibahas bersama DPRD.

“Untuk tahun ini sepertinya memang belum ada penyertaan modal. Nanti disiapkan dulu kajiannya, apakah ada batasan anggaran penyertaan modal, atau ada batasan tahun seperti Perda sebelumnya,” jelasnya.

Diterangkannya, penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma dengan BB setiap tahunnya terus mengalami peningkatan secara bertahap, dari sebelumnya Rp 10 miliar tahun 2018 lalu naik menjadi Rp 15 miliar. Penyertaan modal ke BB bisa saja bertambah dan tetap haruslah mengubah aturan yang ada.

Karena Perda ini lah yang menjadi dasar penyertaan modal Pemkab Seluma kepada BB. Sebelumnya tahun 2019 ini diusulkan untuk penambahan anggaran penyertaan modal ke BB sebesar Rp 2, 5 miliar. Namun usulan penambahan anggaran tersebut belum terlaksana, karena memang anggaran sebelumnya mengalami defisit. Sehingga total anggaran penyertaan modal Pemkab Seluma ke BB hanya sebesar Rp15 miliar. (333)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*