Penyampaian SPj BOS Sekolah di Bengkulu Belum Tuntas

Ilustrasi/Logo BOS

BENGKULU BE – Penyampaian laporan surat pertanggung jawaban (SPj) BOS triwulan IV 2020, belum tuntas. Belum seluruhnya satuan pendidikan menyampaikan SPj realisasi penggunaan dana BOS. Masih banyak operator dan bendahara sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Bengkulu, berkoordinasi dengan pengelola dana BOS Dinas Pendidikan kota Bengkulu, di Ruang Bidang pendidikan Dasar (Dikdas), Rabu (20/1).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Benny Rasdiwansyah menuturkan kepada BE Rabu (20/1), “Mereka ini tahap penyusunan laporan, setelah diperpanjang sejak 10 Januari 2021 lalu.”

Penyampaian laporan ini penting. Pasalnya, SPj menjadi syarat pencairan dana BOS triwulan pertama 2021. Hingga saat ini masih ada beberapa sekolah yang masih berkoordinasi terkait laporan penyusunan pengelolaan dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS. Peyampaian SPj BOS diharapkan bisa tetap waktu. Sebab, keterlambatan pelaporan realisasi dana BOS juga dipengaruhi laporan pertanggungjawaban dana BOS sebelumnya.

Ditambahkan Benny, seluruh satuan pendidikan di Kota Bengkulu, baik yang berstatus negeri maupun swasta mendapat dana BOS.Pemberian dana BOS itu untuk peningkatan mutu pendidikan. Besaran dana yang diterima tiap satuan pendidikan berbeda, tergantung jumlah siswa dalam data pokok pendidikan (dapodik).

“Alhamdulillah dana BOS tahun 2020 terealisasi 100 persen,” jelasnya.

Besaran dana BOS tahun lalu mencapai Rp 51 an miliar. Dana tersebut terbagi atas Rp 19,9 miliar BOS tingkat SMP dan Rp 32 miliar Bos tingkat SD.

Mengenai dana BOS 2021, menurut Benny, masih menunggu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan.

”Untuk saat ini kita masih menggunakan sistem lama BOS ditransfer melalui rekening sekolah dari bank yang ditunjuk,” tandasnya. (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*