Penyaluran Rastra Dirapel

Bakti/Bengkulu Ekspress
RASTRA : Pj Kades Kembang Seri, Dewi Nopitasari (kiri) saat menyerahkan Rastra kepada keluarga penerima manfaat (KPM), Kamis (7/2)

TALANG EMPAT, Bengkulu Ekspress – Sempat tertunda, bantuan sosial (Bansos) berupa beras sejahtera (Rastra) tahun 2019 akhirnya disalurkan kepada warga Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah sebagai penerima manfaat. Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Kembang Seri, Dewi Nopitasari mengatakan, keterlambatan penyaluran rastra ini karena beras memang belum didistribusikan oleh pihak Bulog pada bulan Januari 2019 lalu.

“Biasanya, rastra disalurkan perbulan. Karena bulan Januari lalu belum didistribusikan, makan pada bulan Februari 2019 ini penyaluran beras dirapel, yakni peruntukan bulan Januari dan Februari,” kata Dewi.

Dikatakan Dewi, pendistribusian rastra juga tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, data penerima manfaat sudah tertera secara jelas dan tak bisa diganti begitu saja. “Terkhusus di Desa Kembang Seri, tercatat sebanyak 55 orang penerima bantuan rastra. Setiap bulan, masing-masing penerima mendapatkan jatah sebanyak 10 kilogram (Kg),” tandas Pj Kades.



Terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu tengah, Lili Trianti SSos menuturkan, ada 6.320 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tercatat sebagai penerima rastra di Bengkulu Tengah.

Rinciannya, 593 di Kecamatan Bang Haji, 514 di Karang Tinggi, 607 di Kecamatan Merigi Kelindang, 564 penerima di Kecamatan Merigi Sakti, 419 penerima di Kecamatan Pagar Jati, 621 penerima di Kecamatan Pematang Tiga, 1.104 penerima di Kecamatan Pondok Kelapa, 479 penerima di Kecamatan Pondok Kubang, 839 di Kecamatan Taba Penanjung dan 508 Penerima di Kecamatan Talang Empat.

“Dahulu, namanya beras miskin (raskin). Dimana, penerima diwajibkan membayar dengan harga relatif murah. Sejak awal 2018 lalu, Kementerian Sosial (Kemensos) mengeluarkan kebijakan dan mengganti Raskin menjadi Rastra. Pengambilan Rastra ini tak dipungut biaya sepeserpun,” jelasnya.

Disampaikan Lili, Pemda Kabupaten Bengkulu tengah telah melakukan kesepakatan dengan pihak Bulog Provinsi Bengkulu dalam menyalurkan bantuan ke kecamatan atau titik-titik pembagian. “Selama mobil bisa masuk, Bolog akan menyalurkan rastra ke titik-titik pembagian, yakni kantor desa. Minimal ke masing-masing pemerintah kecamatan,” tandasnya,” demikian Lili.

Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM melalui Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE mengaku akan melakukan pengawalan dalam penyaluran rastra ini. “Penyaluran rastra akan juga akan awasi dan lakukan pendampingan. Sehingga, bantuan disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar berhak menerima bantuan,” kata Kapolsek.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*