Penyaluran BPNT Gunakan Data Lama

Foto : Ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Lantaran proses verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) di Kabupaten Rejang Lebong belum selesai, sehingga saat ini penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai yang dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong masih menggunakan data lama.

“Untuk penyaluran BPNT masih terus kita lakukan, dengan data yang kita gunakan adalah data lama,” sampai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi SE MM.

Proses penyaluran BPNT di Kabupaten Rejang Lebong sendiri menurut Zulfan sudah mencapai 91 persen dari total alokasi penerima Kabupaten Rejang Lebong dari Pemerintah Pusat yaitu sebanyak 19.805 keluarga penerima manfaat.

Menurut Zulfan, dari tahun 2018 kemarin, atau sejak pertama kali diluncurkan program BPNT, realisasi di Kabupaten Rejang Lebong memang tidak pernah mencapai 100 persen. Karena memang dari kuota yang diterima Kabupaten Rejang Lebong, jumlah penerima yang ditemukan dan bisa mendapatkan program BPNT tersebut hanya sebanyak 17.300 keluarga penerima manfaat.”Kita memang tidak akan pernah tercapai 100 persen sebelum data yang ada di perbaiki sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan,” tambah Zulfan.

Lebih lanjut Zulfan menjelaskan, jumlah keluarga penerima manfaat yang menerima program BPNT tersebut adalah mereka yang ditemukan berdasarkan data yang diterima Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Dimana sebelum dilakukan pembagian program BPNT pemerintah Kabupaten Rejang Lebong bersama BRI Cabang Curup melakukan verifikasi penerima BPNT tersebut, dari verifikasi tersebut ternyata tidak semua dari data yang diberikan oleh pemerintah pusat, keluarga penerima manfaat yang tidak ditemukan tersebut dikarenakan berbagai alasan mulai dari tidak ditemukannya, kemudian sudah pindah atau bahkan sudah meninggal dunia.

Di sisi lain, Zulfan juga menyampaikan untuk data yang tidak ditemukan orangnya tersebut, juga tidak bisa dialihkan kepada masyaarakat lainnya yang layak, karena menurutnya datanya nanti tidak sinkron.”Meskipun banyak yang tidak ditemukan, namun bantuannya tidak bisa kita alihkan ke yang lain yang layak mendapatkannya,” papar Zulfan.

Menurut Zulfan, kemungkinan besar perubahan data penerima BPNT di Kabupaten Rejang Lebong akan berubah setelah selesainya proses verifikasi dan validasi BDT yang saat sudah masih tahapan penginputan data.(251)