Penutupan Latdastar, 194 Taruna Dilantik


ARY/Bengkulu Ekspress
Tradisi penyiraman bunga kepada perwakilan taruna SMKN 3 Rejang Lebong yang baru dilantik dalam kegiatan penutupan Latdastar angkatan VI SMKN 3 Rejang Lebong, Senin (16/9) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Setelah 1,5 bulan kegiatan Latihan Dasar Disiplin Ketarunaan (Latdastar) angkatan VI SMKN 3 Rejang Lebong berlangsung, Senin (16/9) kemarin kegiatan yang bekerjasama dengan Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha resmi ditutup. Penutupan kegiatan dilaksanakan di lapangan SMKN 3 Rejang Lebong yang ada di Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan. Dalam penutupan tersebut sebanyak 194 Taruna/Taruni SMKN 3 Rejang Lebong dilantik.

“Hari ini merupakan puncak dari kegiatan Latdastar yang kita lakukan, dimana sebanyak 194 taruna dan taruni kita lantik,” sampai Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman MPd.

Dijelaskan Asep, dari 194 taruna dan taruni yang dilantik kemarin dengan rincian dari kelas X jurusan Agribisnis Perikanan Air sebanyak 30 orang, kemudian dari kelas X Agribisnis Ternak Unggas sebanyak 33 orang. Selanjutnya dari Kelas X Teknik Komputer Jaringan sebanyak 34 orang.

Kemudian dari kelas X Farmasi sebanyak 34 orang, dari kelas Teknik Pengelasan sebanyak 31 orang dan dari Kelas X teknik Bisnis Sepeda Motor sebanyak 32 orang. Kegiatan Latdastar sendiri menurut Asep merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SMKN 3 Rejang Lebong dalam upaya membentuk karakter siswanya terutama siswa baru atau siswa kelas X. “Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan memang sudah menjadi agenda rutin kita setiap tahun,” terang Asep.

Lebih lanjut Asep mengungkapkan dalam kegiatan yang mereka mulai sejak akhir Juli lalu, ada 14 materi yang disampaikan oleh panitia mulai dari peraturan baris berbaris, wawascan kebangsaan, tata cara upacara bendera dan penghormatan, manajemen qolbu dan peningkatan kecerdasaran emosional dan kecerdasaran spritual, bekekerjaan dan kewirausahaan, pencerahan orientasi tamana SMK ghingga budi pekerti dan penumbuhan rasa patuh aturan tata tertib sekolah.”Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menunjang tumbuhnya karakter kerja tamatan SMK,” harap Asep.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Drs Noprianto MM yang didaulat menjadi inspektur upacara dalam penutupan Latdastar SMKN 3 Rejang Lebong kemarin mengungkapkan kegiatan Latdastar di SMKN 3 Rejang Lebong sudah berjalan dengan baik, bahkan menurutnya hasil dari kegiatan tersebut sudah banyak dirasakan para orang tua siswa.

“Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat, karena hasilnya sudah banyak dirasakan oleh orang tua siswa,” sampai Nopri.

Dijelaskan Nopri, kegiatan Latdastar SMKN 3 Rejang Lebong tersebut sangat bermanfaat untuk melatih kedisiplinan siswa, kemudian mengajarkan siswa untuk memiliki visi dan isi sehingga mereka memiliki mimpi. Dengan memiliki mimpi tersebut maka menurut Nopri para siswa tidak mudah menyerah namun selalu bekerja keras.

“Kalau selama ini kita banyak tahu sekolah taruna ada di Pulau Jawa, nah sekarang sudah ada di Rejang Lebong apa yang dilakukan sekolah-sekolah taruna di Pulau Jawa tersebut sama yang di SMKN 3 Rejang Lebong ini,” sampainya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membina baik fisik maupun ental siswa-siswi SMKn 3 Rejang Lebong. Karena menurut Wabup dengan adanya kegiatan tersebut maka pihak sekolah tidak perlu berbicara kedisiplinan lagi disekolah karena sudah dilatih dalam kegiatan Latdastar.”Saya harap apa yang didapat dalam pendidikan ketarunaan ini bisa diterapkan dalam kehidupan anak-anak dalam sehari-harinya,” harap Wabup.

Wabup juga berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan setiap tahun, bisa saja menurut Wabup formulasinya dirubah-rubah namun intinya tetap sama yaitu membentuk karakter dan kedisiplinan siswa.Pelantikan taruna SMKN 3 Rejang Lebong kemarin ditandai dengan pemasangan tanda taruna dan penyiraman perwakilan taruna yang dilakukan oleh inspektur upacara bersama tamu undangan lainnya.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*