Penuhi Syarat SNMPTN, Segeralah Mendaftar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Anggota Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang juga Pejabat Pemberi Informasi Daerah (PPID) Universitas Bengkulu (Unib) ALimansyah SIP MPa menuturkan hasil eligibilitas SNMPTN telah diumumkan. Dia mengingatkan seluruh calon mahasiswa baru yang dinyatakan eligible (memenuhi syarat) segeralah mendaftar Seleksi Nasional Masuk Pergruan Tinggi (SNMPTN) 2019.

“Calon mahasiswa hendaknya mendaftar lebih awal dari 4-14 Februari 2019. Jangan lagi mendaftar disaat-akhir mengisi data di laman pendaftaran,” ujar Alimansyah mengingatkan.

Hasil pemeringkatan dan eligibilitas siswa untuk mendaftar SNMPTN 2019 sudah diumumkan sejak 4 Februari lalu oleh LTMPT. Pemeringkatan dilakukan oleh sistem LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran dan jurusan, baik tingkat SMA/MA/SMK. Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftar di Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS).

Pemeringkatan juga didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa. Sesuai dengan nata pelajaran yang tercantum pada laman www.snmptn.ac.id. Kemudian, eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah.



“Secara nasional jumlah siswa yang egibilitas sebanyak 613.860 orangdari 14.744 sekolah, Bengkulu sendiri belum bisa merangkingnya,” tuturnya.

Selanjutnya, calon mahasiswa yang dinyatakan egibilitas dapat mendaftar SNMPTN dengan cara log in ke http://web.snmptn.ac.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password. Siswa bersangkutan kemudian mengisi biodata, pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan pilih program studi dan mengunggah pasfoto resmi dab terbaru, serta dokumen prestasi. “Setelah mendaftar calon mahasiswa harus mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN,” tutupnya. (247)