Pentingnya Sinergi PNPM dengan Media

DSC_0218RATU SAMBAN, BE –  Keterlibatan media dalam program pembangunan sangat dirasakan.   Baik sebagai  media publikasi  juga sebagai akses untuk membangun  informasi  sekaligus sebagai kontrol sosial di masyarakat.
Untuk itu Program Nasional Pemberdayaan  Masyarakat Mandiri Perkotaan  (PNPM-MP),  menggelar workshop media yang berlangsung di RM. Kabayan Kota Bengkulu.
Kegiatan  yang digelar selama dua hari itu,  bertujuan untuk  memberikan pemahaman tentang konsep, strategis dan intervensi PNPM  Mandiri perkotaan serta memahami posisi PNPM  perkotaan dengan PNPM lainya.
Dengan melibatkan berbagai narasumber seperti, Kepala Bappeda Provinsi, Edi Waluyo,  Ketua PWI Bengkulu,  Sukatno SPd, dari PU Provinsi,  konsultan PNPM, dan banyak lagi.
Workhsop  media bagi wartawan ini, diapresiasikan oleh Ketua PWI Bengkulu yang juga  GM Bengkulu Ekspress  untuk menyamakan persepsi  membangun ketransparanan  dan sebagai kontrol sosial di masyarakat.  Sukatno sendiri diberikan waktu kurang lebih  satu setengah jam  dengan materi refleksi  media terhadap PNPM.
Menurut Sukatno, media dengan PNPM, keduanya saling memiliki keterkaitan.  Hubunganya dengan PNPM jelas  dalam publikasi dan informasi.   ”Bagaimana  kalau informasi itu tidak diekspos  oleh media,  maka sehebat apapun dan seburuk apapun  informasi yang dilakukan PNPM  tidak diketahui masyarakat.   Media berperan  sebagai kontrol sosial, artinya  menulis apa adanya dan bukan opini wartawan.  Kontrol pada pekerjaan PNPM ini sangat banyak, apalagi kerja PNPM dilakukan secara kerja bakti,” katanya.
Pekerjaan  secara bersama-sama, dan  memiliki anggaran yang besar yang dikembangkan di masyarakat, belum tentu semuanya dapat berjalan lancar dan benar.   Namun PNPM tak perlu khawatir dengan kehadiran jurnalis.
“Sepanjang tidak melakukan kesalahan, maka kehadiran wartawan dapat diterima.   Toh paling mereka ini hanya meminta data penyaluran dan bukan untuk  meminta uang,” kata Sukatno.
Sementara itu  team leader  Regional Managemen Package 2 Provinsi Bengkulu, Ir Harmudya, menyambut baik atas pemaparan sang pemateri tentang keterkaitan PNPM dengan media.
”Selain sebagai media dalam pengawasan pembangunan, juga sebagai alat yang ampuh  untuk publikasi.  PNPM sangat terbantu  dengan kehadiran media, kami selalu mensosialisasikan program PNPM  mulai dari KSM, BKM,” kata Harmudya. (247)