Penjaskes Unib Terima Hibah Lahan 5 Ha

IST/BE
Penandatangan naskah hibah oleh Staf Ahli Gubernur Bengkulu, Soemarno diserahkan ke Rektor Unib Prof. Dr Ridwan Nurazi, kemarin.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Universitas Bengkulu menerima sertifikat hibah lahan seluas 5 Hektare yang berlokasi di Jalan Raden Patah, Pagar Dewa, Kota Bengkulu. Lahan ini sebelumnya telah digunakan sebagai gedung perkuliahan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Penjaskes Unib. Penyerahan dan penandatangan hibah lahan tersebut berlangsung di gedung Universitas Bengkulu lantai II ruang rapat III, kemarin (7/1).

Proses penandatangan dan penyerahan hibah lahan diteken Ataf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Soemarno melalui pengesahan berita acara dan sertifikat ditandatangi Pj Sekda Provinsi, Hamda Sabri dan diserahkan kepada Rektor Unib, Prof. Dr Ridwan Nurazi. Soemarno mengatakan lahan seluas 5 Ha yang diserahkan tersebut sudah lama digunakan oleh Universitas Bengkulu sejak 30 tahun terakhir. Saat ini Pemerintah Provinsi Bengkulu hanya menyerahkan sertifikat hibah tanah tersebut.

“Jadi hari ini kita memberikan hibah lahan tanah lima Hektare ini dalam bentuk sertifikat. Ini adalah bentuk bahwa Universitas Bengkulu telah memegang sepenuhnya kepemilikan lahan tersebut untuk lokasinya di Air Sebakul di Gedung Penjaskes Universitas Bengkulu” ujarnya.

Setelah diserahkan surat tersebut, diharapkan Universitas Bengkulu dapat mengembangkan layanan pendidikan. Di sisi lain rektor Universitas Bengkulu, Prof. Dr Ridwan Nurazi SE MSc Ak CA mengatakan perkembangan dan pendirian gedung Penjaskes Unib tidak lepas dari peran pemerintah pemerintah daerah. Kontribusi pemda terhadap Universitas Bengkulu mulai berdiri gedung Penjaskes ini hingga saat ini. “Ini sudah lama diserahkan, cuma yang diproses hanya pegawai dan dosen penjaskes, sedangkan sertifikatnya lupa diserahkan,” jelasnya.

Proses pengalihan aset tersebut tidak mudah, dan sempat menghambat penataan aset dan pengembangan sarana dan prasarana di kawasan itu, tentu melalui tahapan-tahapan serta persetujuan DPRD. “Alhamdulillah saat ini sertifikat lahan itu sudah diserahkan, dan kita bisa leluasa dalam meningkatkan kualitas dan sarana pendidikan,” ujar guru besar Unib ini.

Lamanya penyerahan hibah lahan ini menjadikan sebagian lahan di kawasan gedung Penjaskes di kawasan Air Sebakul itu telah diserobot warga, tepatnya di kawasan perbatasan antara lahan warga dengan lahan pemerintah. “Penyerobotan lahan ini sebelumnya sudah kita selesaikan melalui kepolisian, nanti akan kita selesaikan lagi,” tukasnya. (247)