Penjabat Gubernur Cek Pemilu Kada Mukomuko

Suhajar Diantoro

MUKOMUKO, BE – Penjabat Bupati Mukomuko, Tarmizi melaporkan kondisi dan situasi Pemilu Kada di daerah tersebut kepada Penjabat Gubernur Bengkulu, Suhajar Diantoro, kemarin (6/12) saat melakukan kunjungan kerja. Kedatangan orang nomor satu di Pemprov Bengkulu itu, didampingi Plt Sekda Provinsi Sumardi dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada laporannya, Tarmizi menyampaikan, hingga hari ini (kemarin,red), situasi di Mukomuko masih aman dan kondusif. Terkait pendistribusian logistik, katanya, dari 15 kecamatan, ada sebanyak 3 kecamatan yang rawan. Yakni, Kecamatan Selagan Raya, Teras Terunjam dan Malin Deman.

“Rawan yang dimaksud adalah lokasi yang jauh dan kondisi jalan. Ditambah lagi jika hujan sulit untuk dilewati kendaraan berkapasitas besar,” sampainya.

Kendati demikian, kata Bupati, hal tersebut telah diantisipasi dengan bekerjasama pihak penyelenggara Pemilu dan Forum Kumonikasi Perangkat Daerah (FKPD) serta pihak – pihak terkait lainnya.

Dia juga menyampaikan, Pemda Mukomuko telah membentuk posko yang sekretariatnya di pusatkan di Kantor Kesbangpol dan Sandi. Posko itu untuk menerima laporan – laporan masyarakat dan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) saat hari pencoblosan dikerahkan ke lapangan guna melakukan pengawasan dan mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti keributan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penjabat Gubernur Bengkulu, Suhajar Diantoro dalam sambutannya menyampaikan, supaya pendistribusian logistik pada H–2 telah dilakukan. Jikalau ada kendala kerawanan seperti lokasi yang jauh, supaya penyelenggara Pemilu berkoordinasi dengan Polri dan TNI untuk dilakukan pendistribusian lebih awal. Dia menilai fungsi pemerintahan dan keamanan menjelang Pemilu Kada berjalan baik. Ini diharapkan minimal dipertahankan dan tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

“Semua pihak dalam pelaksanaan Pemilu ini pasti dinilai, baik itu dari jajaran penyelenggara, pengawas, Polri, TNI maupun Pemerintah Daerah,” ujarnya. Dia mengajak seluruh masyarakat ikut serta dalam pesta demokrasi secara serentak, karena Indonesia yang satu – satunya menyelenggara pesta demokrasi secara serentak.

“Pemilu serentak ini, kita semua sebagai saksi dan pelaku sejarah, karena di dunia ini hanya Indonesia yang menyelenggarakan pesta demokrasi serta menjadi perhatian negara – negara lain. Untuk itu, mari bersama sukseskan Pemilu tahun 2015,” ajak Gubernur.

Ketua KPUD Mukomuko, Dawud didampingi anggota Komisioner Syofia Diana dan Sekretaris KPU, Aran serta Ketua Panwaslu, Sujarwanto menyampaikan, logistik akan di distribusikan di 15 kecamatan secara serentak besok (hari ini). Pihaknya juga telah mengantisipasi wilayah kecamatan yang jauh dan antisipasi jikalau turun hujan.

“Pendistribusian logistik secara serentak hari ini, logistik yang diangkut menggunakan mobil truk dibungkus dengan plastik. Ini untuk menghindari logistik tersebut basah ketika terkena air,” ucapnya.
Dalam pendistribusian, tambah Dawud, dilakukan pengawasan super ketat, baik dari pihak kepolisian, Panwaslu dan pihak terkait lainnya.

Pantauan Bengkulu Ekspress, Penjabat Gubernur dan rombongan setelah disambut di Rumdin Bupati Mukomuko. Selanjutnya langsung mengecek keberadaan logistik di Sekretariat KPUD Mukomuko. Kemudian rombongan Penjabat Gubernur langsung pulang menuju Kota Bengkulu. (900)