Penipu Modus Kotak Amal

Ary, penertiban Satpol PP (1)
ARY/Bengkulu Ekspress
Tiga pelaku meminta sumbangan dengan modus kotak amal saat diamankan Satpol PP Rejang Lebong Selasa (22/5) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Datangnya bulan suci Ramadan dimanfaatkan sejumlah pihak untuk mencari keuntungan pribadi. Salah satunya dengan meminta-minta dengan modus bantuan kotak amal masjid. Upaya penipuan dengan menggunakan kotak amal masjid tersebut berhasil diungkap oleh jajaran Satpol PP Rejang Lebong pada Selasa (22/5) pagi. Dari pengungkapan tersebut petugas berhasil mengamankan tiga orang.

“Tadi pagi kita berhasil mengamankan tiga orang anak-anak yang meminta-minta dengan alasan kotak amal masjid,” sampai Kepala Satpol PP Rejang Lebong, Rachman Yuzir SE.

Tiga orang yang diamankan tersebut adalah I (13) J(13) dan W (14), ketiganya merupakan warga Kota Lubuklinggau . Bersama ketiganya petugas berhasil mengamankan barang bukti dua kotak yang bertuliskan kotak amal.”Setelah kita amankan, dan kita data, ketiganya langsung kita pulangkan ke Lubuklinggau,” tambah Rachman.

Dijelaskan Rachman, ketiganya diamankan jajarannya setelah mendapat laporan dari masyarakat, karena selama bulan Ramadan ini masyarakat mengeluhkan banyaknya masyarakat yang meminta-minta menggunakan kotak amal masjid. Dari informasi tersebut, petugas akhirnya melakukan razia pada Selasa pagi kemarin dan berhasil mengamankan tiga orang tersebut dikawasan Pasar Tengah Kota Curup Provinsi Bengkulu.

Lebih lanjut Rachman mengungkapkan, meskipun ketiga orang yang mereka amankan tersebut mengaku berangkat sendiri dari Kota Lubuklinggau dengan menumpang angkutan umum, namun menurut Rachman pihaknya tidak akan percaya begitu saja. Karena pihaknya mensinyalir adanya yang mengkoordinir aksi mereka tersebut. “Kita mensinyalir mereka yang meminta-minta menggunakan kotak amal ini tidak bekerja sendiri, namun ada yang mengkoordinirnya,” tegas Rachman.(251)