Pengurus Rumah Ibadah di BS Belum Terima Honor 6 Bulan

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Sebanyak 584 pengurus rumah ibadah di Bengkulu Selatan (BS), hingga saat ini masih harus bersabar. Pasalnya sejak Januari hingga Juni 2021 mereka belum menerima honor.

“Sudah 6 bulan ini kita belum bisa menyalurkan honor pengurus rumah ibadah,” kata Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas ) BS, H Mudin A Gumay BA, melalui Pelaksana Satu Penerimaan dan Muzaki, Z. Hadiar.

Dikatakan Z Hadiar, para pengurus rumah ibadah tersebut, rinciannya 564 pengurus yang bertugas di 141 masjid serta 20 pengurus yang bertugas di lima unit Gereja. Tertundanya pembayaran honor yang anggarannya mencapai Rp 627 juta itu karena belum masuknya anggaran untuk penggajian honor rumah ibadah tersebut dari Pemda BS ke Baznas BS. Anggaran tersebut sambungnya, berasal dari APBD BS sub Bidang Dana Hibah Sosial dan Keagamaan, dengan total kucuran anggaran rutin mencapai Rp 2,5 miliar per tahunnya.

“Mungkin juga karena adanya kebijakan refocusing anggaran dikarenakan masih mewabahnya pandemi covid-19. Sehingga dana untuk honor pengurus rumah ibadah masih ditunda,” ujarnya.

Selain itu, beber Z Hadiar, saat ini, selain penundaan pembayaran honor pengurus rumah ibadah, pihaknya juga dalam dua bulan ke depan kemungkinan belum ada kebijakan untuk penyaluran bantuan sosial maupun bantuan khusus kepada para mustahik. Sebab, pada bulan Agustus mendatang, akan ada penyegaran dalam struktur organisasi Baznas BS.

“Saat ini masih transisi kepengurusan, untuk anggaran penyaluran bantuan memang sudah tersedia di Baznas, tapi belum bisa merealisasikan bantuan. Mudah-mudahan pada awal September mendatang, kegiatan penyaluran bantuan kembali berjalan optimal, setelah pengurus organisasi kembali dikukuhkan,” demikian Z Haidar. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*