Pengurus PWI Seluma Dilantik, Wartawan Dituntut Profesional

Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Seluma oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antony SH MH.

TAIS, bengkuluekspress.com – Ketua dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seluma secara resmi telah dilantik oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antony SH MH, kemarin (25/9). Pelantikan digelar di salah satu hotel di Kota Tais.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antony SH MH mengatakan, dengan telah dilantiknya ketua dan pengurus PWI Kabupaten Seluma, diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah. Selain mewadahi para wartawan, PWI juga mempunyai tugas berat. Yaitu, melakukan pembinaan, dan peningkatan kualitas karya jurnalistik wartawan yang ada di Seluma ini.

“Wartawan ada uji kompetensi, nah PWI Seluma mendorong bagaimana wartawan yang belum UKW agar mengikuti UKW. Karena UKW itu lah yang membedakan wartawan profesional dengan wartawan lainnya,” tegas Zacky dalam sambutannya, kemarin.

Selain itu Zacky menambahkan, bahwa wartawan bukanlah hakim, jaksa atau polisi, yang memang betugas menegakkan hukum. Wartawan dalam pemberitaan jangan sampai memvonis seseorang. Menganggap orang tersebut salah dan mencari kesalahan orang. Namun tugas wartawan adalah mengkonfirmasi atas dugaan agar orang atau kelompok serta organisasi yang diberitakan tidak terpojokkan.

“Kalau pun ada berita orang berkasus, gunakanlah bahasa praduga tidak bersalah, jangan langsung memvonis,” ucapnya.

Dia berharap agar wartawan di Seluma banyak yang akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke depannya. Agar dapat lebih meningkatkan profesinal dalam bekerja.

“Bekerjalah secara profesional. Taat kepada kode etik dan Undang-Undang Pers. Kalau pun mengkritik, tujuannya untuk kepentingan masyarakat banyak, bukan untuk kepentingan pribadi,” sambungnya.

Ketua PWI Seluma Erlin Marfiansyah SPd mengungkapkan bahwa, PWI Seluma akan bekerjasama dengan pemerintah. Dalam hal beberapa program. Program kerja kedepannya yang telah dirancang bersama pengurus PWI, yaitu pelatihan jurnalistik di sekolah tingkat SMP dan SMA. Dengan cara berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, agar dimasukkan pelajaran jurnalistik, sehingga pelajar nantinya sudah memahami jurnalistik.

“Jadi pelatihan jurnalistik nanti tidak hanya untuk peningkatan mutu kalangan jurnalis saja, tapi juga akan ke sekolah,” tandasnya.

PWI Seluma kemudian juga akan melaksanakan kegiatan sosial. Seperti donor darah dan kegiatan sosial lainnya. Dimana sebelumnya, para wartawan yang tergabung dalam PWI Seluma telah melaksanakan kegiatan wartawan berbagi, dimana ada pembagian Sembako kepada masyarakat kurang mampu, kemudian ada juga kegiatan donor darah yang dilaksanakan gabungan wartawan dari berbagai media dan Dinas Kominfo Seluma.

Sementara itu, Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH yang diwakili oleh Asisten III Setda Seluma, Marhaki Dinata MPd menyampaikan bahwa, Pemda mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PWI Seluma. Namun hal itu tidak terlepas dari dukungan DPRD Seluma. Kemudian, dia juga meminta agar Dinas Kominfo mengusulkan untuk segera mendirikan balai wartawan. Karena hal itu telah diusulkan sejak dua tahun lalu, namun belum terrealisasi.

“Kita dukung semua program PWI dan termasuk untuk mendirikan balai wartawan serta semua yang mendukung kemajuan Kabupaten Seluma,” tutupnya. (jef)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*